Home » Matematika » Satuan Ukuran Panjang Dan Contoh Soal

Satuan Ukuran Panjang Dan Contoh Soal

satuan+ukuran+panjang
Satuan Ukuran Panjang

Satuan Ukuran Panjang Dan Contoh Soal – Dalam matematika, panjang merupakan jarak antar dua titik yang saling berjauhan. Panjang memiliki beberapa satuan sesuai kebutuhannya. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja satuan ukuran panjang dan contoh soalnya.

Satuan ukuran panjang adalah satuan yang digunakan untuk menentukan dimensi panjang suatu benda. Panjang suatu benda dapat diukur dengan alat alat pengukuran panjang. Diantara alat yang digunakan untuk mengukur panjang seperti penggaris, meteran, pita meter, dan lainnya.

Satuan panjang dalam SI (Standart International) adalah meter, sedangkan dalam sistem CGS (Centimetre Gram Second) adalah cm (centimeter). Satuan meter memiliki tujuh macam satuan turunan, yakni km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m (meter), dm (desimeter), cm (centimeter), dan mm (milimeter).

Selain itu, ada juga satuan ukuran panjang lainnya yang sering digunakan. Diantaranya yaitu inchi, kaki, mil, dan yard. Untuk mengetahui nilai konversi dari tiap-tiap satuan ukuran panjang, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Satuan Ukuran Panjang

Berikut merupakan macam-macam satuan ukuran panjang yang sering digunakan dalam pengukuran dan penjelasannya masing-masing.

1. Kilometer (km)

Kilometer adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari km. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan kilometre. Kilometer itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 kilometer sama dengan 1000 meter.

2. Hektometer (hm)

Hectometer adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari hm. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan hectometre. Hectometer itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 hectometer sama dengan 100 meter.

3. Dekameter (dam)

Decameter adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari dam. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan decametre. Dekameter itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 decameter sama dengan 10 meter.

Baca Lainnya :   Pelajaran Matematika Kelas 6 SD: Materi Dan Contoh Soal

4. Meter (m)

Meter adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari m. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan metre. Meter itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 meter sama dengan 0,001 kilometer.

5. Desimeter (dm)

Decimeter adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari dm. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan decimetre. Decimeter itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 decimeter sama dengan 0,1 meter.

6. Centimeter (cm)

Centimeter adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari cm. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan centimetre. Centimeter itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 centimeter sama dengan 0,01 meter.

7. Milimeter (mm)

Milieter adalah ejaan Amerika yang merupakan kepanjangan dari mm. Namun, dalam ejaan SI disebut dengan milimetre. Milimeter itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standart internasional. Nilai 1 milimeter sama dengan 0,001 meter.

8. Inchi

Inchi / inci / inch adalah satuan ukuran panjang yang berasal dari bahasa uncia romawi dan digunakan dalam sistem kerajaan Amerika. Nilai1 inci adalah sama dengan 2,54 cm.

9. Kaki (feet,ft)

ft merupakan singkatan dari foot (feet), adalah satuan panjang yang digunakan dalam sistem kerajaan Amerikia. Nilai 1 ft adalah sama dengan 0,3048 meter atau 12 inchi.

10. Mil/Mile

mil atau mile adalah satuan ukuran panjang yang digunakan di Inggris. Nilai 1 mil sama dengan 5280 ft atau 1760 yard atau 1.609,344 meter.

11. Yard (Yd)

yard merupakan kepanjangan dari yd, yaitu satuan panjang dalam bahasa Inggris, satuan yard ini digunakan dalam sistem kerajaan Inggris dan kerajaan Amerikia. Nilai 1 yard sama dengan 0,9144 meter atau 36 inchi atau 3 ft .

Baca Lainnya :   Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Contohnya

Konversi Satuan Panjang

Setiap satuan panjang dapat diubah ke satuan panjang lainnya dan memiliki nilai yang berbeda-beda. Hal tersebut dinamakan konversi satuan panjang. Kita dapat melakukan konversi satuan panjang dengan menggunakan tangga satuan panjang.

Untuk mengkonversi satuan panjang dengan menggunakan tangga satuan panjang, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Jika, turun satu anak tangga, maka dikali 10
  • Jika, naik satu anak tangga, maka dibagi 10

Berikut merupakan contoh konversi satuan ukuran panjang dalam meter.

  • 1 km = 10 hm
  • 1 km = 100 dam
  • 1 km = 1.000 m
  • 1 km = 10.000 dm
  • 1 km = 100.000 cm
  • 1 km =1.000.000 mm
  • 1 m = 0,001 km
  • 1 m = 0,01 hm
  • 1 m = 0,1 dam
  • 1 m = 1 m
  • 1 m = 10 dm
  • 1 m = 100 cm
  • 1 m = 1.000 mm

Contoh Soal Satuan Panjang

1. Adik membuat garis sepanjang 5 cm. Berapakah panjang garis jika diubah ke satuan mm ?

Penyelesaian:
1 cm = 10 mm
panjang garis 5 cm = 5 x 10 = 50 mm

2. Jarak antara kota A dan kota B adalah 100 km. Berapa jarak kedua kota tersebut jika diukur dengan menggunakan satuan meter?

Penyelesaian:
1 km = 1.000 m
Jarak kota A ke kota B = 100 km = 100 x 1.000 = 100.000 meter

3. Tinggi sebuah gedung adalah 500 meter. Berapa tinggi gedung tersebut dalam satuan km?

Penyelesaian:
1 meter = 0,001 km
Tinggi gedung = 500 m = 500 x 0,001 = 0,5 km

Demikianlah pembahasan mengenai satuan ukuran panjang dan contoh soal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top