Home » Pendidikan » Macam – Macam Alat Musik Tradisional Dan Gambarnya

Macam – Macam Alat Musik Tradisional Dan Gambarnya

macam+macam+alat+musik+tradisional
Gambar Macam – Macam Alat Musik Tradisional

Macam – Macam Alat Musik Tradisional Dan Gambarnya – Banyaknya suku daerah di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, menjadikan negeri ini memiliki kesenian dan kebudayaan yang beraneka ragam. Salah satu diantaranya yaitu macam-macam jenis alat musik tradisional yang memiliki ciri khas sendiri-sendri dari setiap daerah.

Alat musik tradisional sebenarnya merupakan bagian dari kekayaan ragam budaya yang perlu dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. Namun, dengan hadirnya alat musik modern, membuat beberapa macam alat musik tradisional semakin tertinggal dan banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara memainkannya.

Oleh sebab itu, untuk mengenang kembali nilai-nilai kebudayaan dan kesenian daerah, berikut akan diuraikan tentang macam-macam alat musik tradisional dan gambarnya masing-masing yang berasal asli dari Indonesia.

Daftar Macam – Macam Alat Musik Tradisional Beserta Gambarnya

1. Alat Musik Tradisional Angklung

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari rangkaian bambu yang dipasang secara berjajar. Cara memainkan angklung yaitu dengan digoyangkan.

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia, seperti di Amerika dan Prancis yang berhasil memukau para penikmat musik. Selain itu, alat musik angklung juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia.

2. Alat Musik Tradisional Gamelan

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Gamelan

Gamelan adalah gabungan dari beberapa alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa. Beberapa alat musik ini terbuat kayu, seperti saron dan gendhang. Sedangkan lainnya terbuat dari bahan logam, seperti bonang, gong, dan kempul.

Baca Juga :  Tangga Konversi Satuan Berat Dan Contoh Soal

Cara memainkan gamelan yaitu dengan cara dipukul. Alat musik gamelan ini juga sangat digemari oleh musisi dunia. Dan yang paling menghebohkan yaitu gamelan ini masuk dalam kurikulum di beberapa sekolah New Zealand dan Amerika Serikat.

3. Alat Musik Tradisional Kendang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Kendang

Kendang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sunda, namun ada beberapa kalangan yang mengatakan berasal dari Jawa Timur. Cara memainkan alat musik kendang yaitu dengan memukul menggunakan telapak tangan.

Alat musik ini sering dijumpai sebagai pengiring musik pada tarian-tarian tradisional. Selain itu, banyak musisi yang mengkolaborasikannya dengan musik jazz dan kontemporer. Kendang juga terkenal Amerika Serikat dan sering dijadikan sebagai alat musik pengiring.

4. Alat Musik Tradisional Sasando

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional yang berasal dari tanah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini terbuat dari bahan daun lontar dan memiliki bentuk seperti harpa. Cara memainkan sasando  yaitu dengan cara dipetik seperti alat musik gitar.

5. Alat Musik Tradisional Kolintang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Alat musik ini merupakan barisan kayu kecil yang ditempatkan secara mendatar. Cara memaonkan kolintang kolintang yaitu dengan cara dipukul dengan menggunakan stik kayu yang berbalut kain. Biasanya diiringi oleh gong dan drum. Alat musik kolintang juga sering dimainkan di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Filipina.

6. Alat Musik Tradisional Tifa

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Maluku dan Papua. Alat musik ini berbentuk mirip kendang, tetapi memiliki bentuk tube. Cara memainkan alat musik tifa yaitu dengan cara dipukul.

Alat musik tifa ini sering kali dihiasi dengan ukiran-ukiran khas daerah Maluku dan Papua. Dan sering dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan asing yang berkunjung ke daerah Maluku dan Papua.

7. Alat Musik Tradisional Saluang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatra Barat. Alat musik ini mirip seperti suling, tetapi hanya memiliki empat lubang yang berurutan. Cara memainkan saluang dan dimainkan dengan cara ditiup. Pada jaman dulu, para peniup alat musik saluang dipercaya memiliki kekuatan mantra yang konon mampu menghipnotis para pendengarnya.

8. Alat Musik Tradisional Aramba

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Aramba

Aramba adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Nias dan bagian utara pulau Sumatera. Cara memainkan aramba yaitu dengan cara dipukul seperti gong dengan alat pemukulnya sendiri. Suara yang dihasilkan oleh alat musik aramba yaitu jenis bunyi ideofon.

Baca Juga :  Cara Menggambar Bintang Dengan Mudah

9. Alat Musik Tradisional Gambus

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Gambus

Gambus merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Riau. Namun, alat musik ini sangat identik dengan budaya melayu, sehingga sangat erat kaitannya dengan nuansa arab. Cara memainkan gambus yaitu dengan cara dipetik seperti alat memetik senar-senar gitar. Alat musik ini menghasilkan jenis bunyi kordofon.

10. Alat Musik Tradisional Gendang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Gendang

Gendang merupakan alat musik tradisional yang paling terkenal di Indonesia. Alat musik ini terbuat dari kayu dan selaput kulit binatang. Alat musik ini memiliki banyak variasi dan ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Sumatra Utara, Riau, dan Sumatra Selatan. Cara Memainkan gendang yaitu dengan cara dipukul. Alat musik ini menghasilkan bunyi jenis membranofon.

11. Alat Musik Tradisional Bonang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Bonang

Bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur. Alat musik ini berupa kumpulan gong kecil yang ditempatkan secara berurutan pada bingkai kayu. Bonang juga digunakan dalam alat musik gamelan Jawa.

Cara memainkan bonang yaitu dengan dipukul. Alat musik ini menghasilkan jenis bunyi ideofon dan biasanya selalu terdengar pada setiap acara-acara bernuansa adat Jawa.

12. Alat Musik Tradisional Panting

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Panting

Panting adalah alat musik tradisional yang berasal dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Alat musik ini sejenis gambus dan menggunakan senar. Cara memainkan panting yaitu dengan cara dipetik pada bagian senarnya. Alat musik ini menghasilkan jenis bunyi kordofon.

13. Alat Musim Tradisional Kecapi

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Kecapi

Kecapi atau lebih dikenal dengan kecapi mandar adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Barat. Cara memainkan kecapi yaitu dengan cara dipetik. Alat musik ini sudah sangat jarang ditemukan karena hanya beberapa orang saja yang bisa memainkannya. Alat musik kecapi menghasilkan jenis bunyi kordofon.

14. Alat Musik Tradisional Gong

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Gong

Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur dan sering dijadikan sebagai bunyi tanda peresmian suatu acara.

Gong memiliki ukuran yang cukup besar dan berat. Sehingga alat musik ini diletakan dengan digantung pada tiang penyangganya. Cara memainkan gong yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang dibalut dengan bahan karet atau kain. Alat musik gong menghasilkan jenis bunyi membranofon.

Baca Juga :  Rumus Luas Dan Keliling Belah Ketupat

15. Alat Musik Tradisional Rebab

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini memiliki bentuk seperti busur panah. Cara memainkan alat musik rebab yaitu dengan cara digesek seperti biola. Alat musik ini sangat kental dengan nuansa arab.

16. Alat Musik Tradisional Gendang Melayu

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Gendang melayu

Gendang melayu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Kepulauan Bangka Belitung. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dan sangat kental dengan adat Melayu. Gendang melayu ini adalah komponen penting pada musik marawis. Alat musik ini menghasilkan jenis bunyi membranofon.

17. Alat Musik Tradisional Tebangan

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Tebangan

Tebangan adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Selatan dan tersebar di daerah yang memiliki pengaruh adat Melayu. Bentuk alat musik ini sangat menyerupai alat musik rebana. Cara memainkan tebangan yaitu dengan cara dipukul seperti rebana.

18. Alat Musik Tradisional Genggong

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Genggong

Ganggong merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik ini mirip seperti harmonika dan biasanya dimainkan oleh para petani jaman dahulu sebagai pelipur kebosanan ketika beristirahat. Cara memainkan genggong yaitu dengan cara ditiup seperti harmonika.

19. Alat Musik Tradisional Kompang

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Kompang

Kompang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Alat musik ini terbuat kayu dan kulit kambing, sapi, atau kerbau. Alat musik kompang ini kadangkala dimainkan oleh suku Bajau, di pesisir Sabah, Malaysia. Cara memainkan kompang yaitu dengan cara dipukul.

20. Alat Musik Tradision Jengglong

macam+macam+alat+musik+tradisional
Alat Musik Tradisional Jenggong

Jengglong adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bahan logam yang bentuknya menyerupai gong, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Biasanya alat musik jengglong ini berdiameter antara 30 sampai 40 cm dan umumnya terdiri dari 6 buah gong kecil yang digantung.

Cara memainkan alat musik jengglong yaitu dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul yang didesain secara khusus.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam alat musik tradisional dan gambarnya yang diuraikan secara lengkap beserta asal daerah dan cara memainkannya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top