Home » Blog » Cara Membuat Sticky Sidebar Di WordPress

Cara Membuat Sticky Sidebar Di WordPress

cara+membuat+sticky+sidebar+di+wordpress
Cara Membuat Sticky Sidebar Di WordPress

Cara Membuat Sticky Sidebar Di WordPress – Sticky sidebar merupakan bagian sisi kanan atau kiri website yang melekat di layar. Dengan memasang sticky sidebar, maka besar kemungkinan dapat membantu meningkatkan CTR halaman webiste.

Pada umumnya, sticky sidebar digunakan pada website tampilan desktop (komputer). Biasanya digunakan untuk menampilkan widget-widget tertentu. Seperti widget posting terbaru, artikel populer, spanduk affiliasi atau kotak iklan.

Widget sticky sidebar yang telah terpasang, akan tetap terlihat ketika kita scroll halaman ke atas atau ke bawah. Nah, bagi pengguna wordPress yang ingin membuat widget sticky sidebar pada tampilan desktopnya, silahkan simak panduan berikut ini.

Cara Membuat Sticky Sidebar Di WordPress

Untuk membuat sticky sidebar di wordPress sangat mudah, karena terdapat plugin yang yang dapat digunakan untuk membuatnya. Salah satunya adalah menggunakan plugin Fixed Widget and Sticky Elements for WordPress.

Baca Lainnya :  Cara Memasang Recent Post Di Blog WordPress

Adapaun langkah-langkah membuat widget sticky di sidebar wordPress adalah sebagai berikut:

1. Instal Plugin Fixed Widget and Sticky Elements for WordPress

Langkah pertama adalah mengintal plugin Fixed Widget and Sticky Elements for WordPress. Plugin ini tersedia gratis pada wordPress plugin directory.

Silahkan masuk ke dashboard wordPress > Plugin > Add New. Kemudian ketik pada kotak pencarian: Fixed Widget and Sticky Elements for WordPress. Jika sudah muncul, klik Instal Now, lalu Aktifkan.

Setelah itu, silahkan menuju ke memu Appearence. Di sana akan muncul menu baru yang bernama Fixed Widget. Silahkan masuk ke pengaturan plugin fixed widget untuk menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan, kemudian klik Save Change.

Baca Lainnya :  Cara Menentukan Tema Blog Untuk Pemula

2. Membuat Widget Sticky Di Sidebar

Langkah kedua adalah membuat widget baru atau memodifikasi widget yang sudah ada di sidebar agar menjadi tampilan sticky atau fixed di tampilan layar desktop.

Silahkan masuk ke menu Appearence > Widget > Sidebar. Tambahkan widget yang akan dijadikan sticky, misalnya widget Lates Post, Ad Inserter atau lainnya. Kemudian centang/pilih pada kotak Fixed Widget, lalu klik Update.

Demikianlah tutorial cara membuat sticky widget sidebar di wordPress. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top