Home » Informasi » Cara Membuat Diagram Batang Di Word

Cara Membuat Diagram Batang Di Word

cara+membuat+diagram+batang
Cara Membuat Diagram Batang Di Word

Cara Membuat Diagram Batang Di Word – Ketika membuat sebuah proposal atau laporan, biasanya disuguhkan dengan kumpulan data yang harus ditampilkan. Salah satu bentuk tampilan penyajian data yang mudah dibuat adalah diagram batang. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membuat diagram batang di word dengan mudah.

Diagram batang merupakan salah satu bentuk penyajian data dalam bentuk balok-balok tegak atau mendatar. Untuk membuatnya, kita dapat menggunakan aplikasi microsoft word (ms word). Bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak langkah-langkah cara membuat diagram batang di word berikut ini.

Langkah – Langkah Membuat Diagram Batang Di Word

cara+membuat+diagram+batang+di+word
Langkah – Langkah Membuat Diagram Batang Di Word

Microsoft word itu sendiri adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang berkaitan dengan penulisan yang dilengkapi dengan fitur-fitur pembuat tabel, grafik, dan diagram. Namun, ternyata masih banyak yang tidak mengetahuinya dan lebih populer menggunakan microsoft excel yang memang lebih mendukung dalam membuat berbagai bentuk penyajian data.

Meskipun begitu, berikut akan diberikan informasi tentang bagaimana cara membuat diagram batang secara langsung di microsoft word tanpa harus pergi atau membuka aplikasi microsoft excel :

  • Klik star atau lambang windows yang terletak di kiri bawah layar komputer.
  • Pilih all program, kemudian pilih microsoft office yang dilanjutkan dengan memilih microsoft office word.
  • Setelah tampilan kerja ms word terbuka, pilih menu insert.
  • Pada menu yang terbuka dibawah insert, pilih chart.
  • Akan muncul kotak menu insert chart dengan berbagai pilihan seperti column, line, pie, bar, area, XY scatter, stock, surface, doughtnut, bubble, dan radar. Setiap jenis chart memiliki variasi bentuk dan model yang berbeda-beda dan akan ditampilkan previewnya.
  • Pilih colomn untuk membuat diagram batang dan pilih bentuk sesuai keinginan atau yang dibutuhkan.
  • Kemudian pilih ok.
  • Akan muncul halaman baru yang merupakan peralihan dari ms word ke bentuk tabel microsoft excel.
  • Edit nama kategori dan nilai frekuensi (series) yang diperlukan dengan cara menekan klik 2x pada tulisan atau angka yang akan diubah. Untuk menghapus baris atau kolom yang tidak diperlukan, arahkan kursor ke bagian yang akan dihapus, kemudian pilih delete.
  • Jika
  • Setelah selesai mengolah data dengan benar, klik tanda close (x).
  • Selesai, kini diagram batang telah berhasil dibuat pada halaman ms word.
cara+membuat+diagram+batang+di+word
Cara Desain Diagram Batang Di Word

Kita juga dapat mendesain bentuk batang agar tampilannya lebih menarik, caranya yaitu dengan mengklik menu design. Pada bagian menu di bawahnya, klik tanda segitiga yang ada garisnya, maka akan muncul kotak desain bentuk diagram batang dengan berbagai variasi bentuk dan warna. Pilihlah dengan cara mengkliknya, maka tampilan diagram batang di word akan berubah sesuai keinginan.

Bagaimana, mudah kan caranya? Dan kita tidak perlu membuka microsoft excel untuk membuat suatu diagram. Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat diagram batang di word. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top