Home » Informasi » Nama Jenis – Jenis Ikan Cupang dan Gambarnya

Nama Jenis – Jenis Ikan Cupang dan Gambarnya

jenis+jenis+ikan+cupang
Jenis – Jenis Ikan Cupang

Nama Jenis – Jenis Ikan Cupang dan Gambarnya – Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Meskipun terkenal dengan hewan agresif, namun jenis ikan ini memiliki karakter yang unik dengan berbagai macam warna yang menarik di tubuhnya, sehingga tak heran jika beberapa jenis spesiesnya dihargai dengan harga yang mahal.

Jenis ikan yang memiliki nama latin Betta ini, memiliki sekitar 73 macam jenis spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Namun, secara garis besar ikan cupang dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jenis hias, jenis liar, dan jenis aduan. Dari setiap jenisnya, tentu saja memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda.

Jika ingin mengoleksi hobi memelihara ikan cupang, tentu tidak ada salahnya juga. Karena selain tidak memakan tempat, jenis ikan ini juga mampu menghiasi ruangan rumah menjadi lebih alami. Nah, jika tertartik memelihara ikan cupang tetapi belum tahu harus pilih yang mana, silahkan simak nama-nama jenis ikan cupang dan gambarnya berikut ini.

Jenis – Jenis Ikan Cupang Dan Gambarnya

1. Ikan Cupang Halfmoon

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Halfmoon

Halfmoon merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki ciri khas pada bagian sirip dan ekornya yang seolah menyatu mendekati 180 derajat, sehingga terlihat seperti bentuk bulan setengah (setengah lingkaran). Keindahan varian warna yang dimikili ikan cupang halfmoon ini sangat menarik, mulai dari warna merah menyala, kuning, hingga warna putih.

Menurut sejarahnya, ikan cupang halfoom ini ditemukan di Amerika Serikat sekitar tahun 1982. Namun, mulai ramai ramai di kembangkan pada tahun 2000. Cupang halfmoon ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 500.000 untuk kualitas kontes.

2. Ikan Cupang Crown Tail

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Crown Tail

Crown tail atau ekor mahkota menjadi populer karena keunikan variasi karakter yang dimilikinya. Yaitu keindahan bentuk ekornya yang tampak seperti sebuah mahkota raja ketika dibalik. Jenis ikan cupang ini merupakan salah satu ikan cupang mahal, karena spesiesnya yang cukup langka.

Ikan cupang crown tail juga sering dinamakan cupang serit. Karena memang bentuk siripnya yang menyerupai sekat-sekat serit atau sisir rambut. Menurut sejarahnya, ikan cupang ekor mahkota ini merupakan hasil persilangan cupang asal Indonesia dengan ikan cupang asal Thailand.

3. Ikan Cupang Plakat

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat merupakan salah satu jenis ikan aduan. Meskipun begutu, ternyata masih banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias karena keindahan warnanya. Ciri khas dari ikan cupang plakat ini yaitu bentuk siripnya yang kekar dan sangar, serta gerakannya yang tidak begitu angguna. Oleh sebab itulah jenis cupang ini sering dijadikan sebagai aduan.

4. Ikan Cupang Double Tail

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Double Tail

Seperti namanya, ikan cupang double tail ini memiliki ekor ganda yang terbelah pada bagian tengah ekornya. Hal itu disebabkan oleh mutasi genetik pada bagian sirip ekor, sehingga terlihat seperti bercabang dua dan sering dinamakan cupang ekor cagak.

Jenis ikan cupang double tail ini memiliki sirip yang lebar dan cantik. Namun, jenis ini termasuk dalam spesies yang tergolong sulit dikembangkan. Sehingga terkenal sangat langka dan masih jarang ditemui di pasaran.

5. Ikan Cupang HMPK

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang HMPK

Ikan cupang HMPK adalah merupakan jenis ikan cupang hasil dari persilangan antara ikan cupang halfmoon dan plakat. HMPK itu sendiri merupakan singkatan dari halfmoon dan plakat. Sehinnga dapat dikatakan jensi cupang HMPK ini tergolong dalam jenis hias dan juga jenis aduan. Variasi bentuk dan kecantikan warna yang dimiliki ikan cupang HMPK ini banyak menuai pujian, oleh sebab itulah banyak yang membudidayakannnya.

6. Ikan Cupang Giant

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Giant

Memiliki ciri khas bentuk tubuhnya yang besar, membuat pergerakan ikan cupang giant ini tidak dapat bergerak lincah seperti ikan cupang lainnya. Ukuran terbesar dari jenis ikan hias ini mencapai 12 cm. Menurut ceritanya, jenis ikan cupang spesies terbesar ini pertama kali berhasil dikembangkan oleh peternak asal Thailand.

7. Ikan Cupang Big Ear

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Big Ear

Ikan cupang big ear juga sering disebut dengan cupang dumbo. Keunikan dari cupang big ear ini adalah memiliki bentuk sirip melebar seperti sayap yang menjadi ciri khasnya. Ada juga yang mengatakan jika sirip ikan cupang big ear seperi telinga gajah.

Ikan cupang big ear merupakan salah satu jensi golongan ikan cupang yang mahal. Kisaran harga untuk ikan cupang big ear ini rata-rata dibandrol dengan harga Rp 400.000-an. Hal tersebut disebabkan oleh keunikan karakteristik yang dimilikinya, yaitu big ear atau telinga besar.

8. Ikan Cupang Sawah

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Sawah

Ikan cupang sawah atau yang sering disebut dengan cupang alam merupakan jenis ikan liar yang belum mengalami persilangan. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna bergaris kuning dan biru pada tubuhnya.

Dapat dikatakan ikan cupang sawah ini jauh dari jangkauan manusia. Hal itulah yang menjadikan harganya bervariasi. Jika memiliki bentuk yang bagus dan langka, maka harganya bisa sangat mahal. Begitu sebaliknya, jika variasi bentuk dan warnanya sudah umum, maka ikan cupang ini harganya sangat murah.

9. Ikan Cupang Paradise

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Paradise

Ikan cupang paradise memiliki nama ilmiah Marcopodus Opercularis. Jenis ikan cupang ini banyak ditemukan di daerah Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Ikan cupang paradise ini memiliki ciri khas ekornya bercabang dengan warnanya bergaris-garis secara vertikal dengan perpaduan warna hijau muda.

10. Ikan Cupang Sarawak

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Sarawak

Cupang sarawak merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan alam. Ikan cupang jenis ini juga terkenal mampu bertahan hidup di daerah air bertekanan tinggi. Ciri-ciri yang dimikili cupang sarawak ini yaitu adanya semacam garis yang berada di sisi kiri dan kanan yang membentang dari bagian kepala hingga ekornya. Selain itu, warna ikan cupang sarawak juga sederhana dan agak transparan.

11. Ikan Cupang Surga

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Surga

Ikan cupang surga merupakan salah satu jenis ikan cupang yang harganya mahal. Hal itu disebabkan oleh keberadaannya yang semakin sulit ditemukan. Termasuk dalam jenis ikan liar, ikan cupang surga ini memiliki ciri-ciri warna kecokelatan dan siripnya yang memanjang.

Ukurannya jenis cupang ini bisa mencapai 10 cm dan banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia yang sering ditemukan di Pulau Jawa, Sumatra, dan Bali.

12. Ikan Cupang Emas

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Emas

Ikan cupang emas memiliki nama latin Betta Unimaculata yang berarti warna kuning agak keemas-emasan. Ikan cupang ini termasuk dalam ikan liar, karena sering ditemukan di daerah persawahan, rawa, dan sungai.

13. Ikan Cupang Fancy

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy juga merupakan jenis ikan cupang dengan harga mahal. Hal itu disebabkan oleh kombinasi warnanya yang cantik. Cupang fancy ini biasanya memiliki perpaduan antara 5 sampai 7 warna di tubuhnya. Seperti biru, hijau, putih, pink, merah, dan peach.

Ciri-ciri cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak begitu besar, namun memiliki beragam warna degradasi yang ada pada tubuh, sirip, dan ekornya. Untuk anakan ikan cupang fancy biasanya berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 300.0000. Sedangkan untuk kelas kontes fancy harganya bisa mencapai Rp 20 jutaan.

14. Ikan Cupang Veiltail

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Veiltail

Ikan cupang veiltail terkenal dengan bentuk ekornya yang menawan dan memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan halfmoon dan double tail. Perbedaannya terletak pada kekuatan ekornya. Sebelum banyak persilangan ikan cupang, cupang veiltail ini masih banyak diminati karena kemudahan mendapatkannya. Namun, akhir-akhir ini cupang veiltail ini sedikit terabaikan.

15. Ikan Cupang Coccina

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Coccina

Ikan cupang coccina sering disebut dengan cupang belgi bangkok. Ciri khas dari cupang coccina adalah memiliki bentuk tubuh silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bagian kepala berwarna perak kekuning-kuningan, sedangkan siripnya transparan memanjang dengan warna merah.

16. Ikan Cupang Spade Tail

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Spade Tail

Ikan cupang yang satu ini memiliki keunikan tersendiri jika dibanding dengan ikan cupang lainnya. Yaitu memiliki bentuk ekor yang melancip ke belakang. Spesies spade tail ini merupakan salah satu ikan hias langka yang sudah jarang ditemukan.

17. Ikan Cupang Halfsun

jenis+jenis+ikan+cupang
Gambar Ikan Cupang Halfsun

Ikan cupang halfsun adalah jenis ikan cupang yang diperoleh dari hasil persilangan antara cupang crown tail dan halfmoon. Oleh sebab itulah memiliki bentuk ekor lebar dengan motif seperti cahaya matahari. Ikan cupang ini memiliki sirip yang lebar dan transparan. Untuk harganya relatif murah, yaitu berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 50.000.

Nah, itulah nama jenis-jenis ikan cupang dan gambarnya masing-masing yang dapat dijadikan rekomendasi dalam memilih hewan peliharaan yang mungil dan cantik di rumah. Meskipun sedikit agresif, namun beragam variasi warna yang dimikilinya akan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top