Home » Informasi » Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Soeparman

Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Soeparman

lagu+ibu+kita+kartini
Ibu Kita Kartini

Lagu Ibu Kita Kartini – Lagu berjudul Ibu kita kartini merupakan salah satu lagu nasional yang diciptakan oleh WR Soepratman pada tahun 1929. Lagu tersebut diciptakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa Raden Ajeng Kartini karena perjuangannya dalam melakukan emansipasi perempuan.

RA Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Dan meninggal di usia 25 tahun pada tanggal 17 September 1904 di Rembang, Jawa Tengah.

Kemudian pada tahun 1964, tepatnya yaitu pada tanggal 2 Mei, Presiden Soekarno mengeluarkan suatu keputusan yang menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang terlampir pada Kepres RI No.108 Tahun 1964. Keputusan tersebut juga sekaligus ditetapkannya tanggal 21 April sebagai hari lahirnya RA Kartini, yang kemudian untuk diperingati setiap tahunnya.

Baca Lainnya :  Cara Bayar PDAM Melalui BRI

Sebagai bentuk aprisiasi yang mewakili seluruh kaum wanita di Indonesia sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya, berikut akan disajikan lirik nyanian ibu kita Kartini beserta cord atau kunci lagunya.

Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Soeparman

Ibu Kita Kartini

G C G
Ibu kita Kartini, putri sejati
C G D G
Putri Indonesia, harum namanya
G C G
Ibu kita Kartini, pendekar bangsa
C G D G
Pendekar kaumnya, untuk merdeka

C G
Wahai ibu kita Kartini
D G
Putri yang mulia…
C G
Sungguh besar cita-citanya
D C G
Bagi Indonesia…

G C G
Ibu kita Kartini, putri jauhari
C G D G
Putri yang berjasa, se-Indonesia
G C G
Ibu kita kartini, putri yang suci
C G D G
Putri yang merdeka, cita-citanya

C G
Wahai ibu kita Kartini
D G
Putri yang mulia…
C G
Sungguh besar cita-citanya
D C G
Bagi Indonesia…

Demikanlah informasi mengenai lagu ibu kita Kartini ciptaan WR Soepratman yang ditulis lengkap beserta lirik dan kunci lagunya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top