Home » Informasi » Macam – Macam Bentuk Garis Leher Beserta Gambarnya

Macam – Macam Bentuk Garis Leher Beserta Gambarnya

macam+macam+garis+leher
Macam – Macam Garis Leher

Macam – Macam Garis Leher – Dalam dunia fashion, terdapat istilah yang namanya garis leher. Garis leher ini sangat menentukan sebuah busana yang dikenakan oleh seseorang. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang apa itu garis leher dan macam-macam garis leher dalam sebuah busana.

Apa Itu Garis Leher?

Garis leher adalah suatu garis yang membentuk bagian leher pada bagian atas pakaian (busana) tanpa kerah. Mengingat bentuk wajah seseorang yang berbeda-beda, maka dalam memilih sebuah pakaian perlu memperhatikan garis leher agar pakaian yang dikenakan cocok dan nyaman.

Macam – Macam Model Dan Pola Garis Leher

Secara umum, pola garis leher dibedakan menjadi tiga bentuk dasar, yakni garis leher bulat, garis leher persegi, dan garis leher V. Ada pun masing-masing penjelasannya yaitu sebagai berikut:

  • Garis Leher Bulat, merupakan garis leher pada busana bagian atas yang dijahit berbentuk bulat, jenis ini sangat cocok dikenakan untuk bentuk wajah oval dengan leher yang panjang.
  • Garis Leher Persegi, merupakan garis leher pada busana bagian atas yang dijahit berbentuk persegi, jenis ini sangat cocok dikenakan untuk bentuk wajah bulat dengan leher pendek.
  • Garis Leher V, merupakan garis leher pada busana bagian atas yang dijahit berbentuk seperti huruf V, jenis ini sangat cocok dikenakan untuk semua bentuk wajah.

Perlu diketahui bahwa pengertian kata fashion adalah membuat. Namun, berdasarkan perkembangan zaman, kata fashion ini menjadi semakin tertuju yang berkaitan dengan trends suatu barang yang dikenakan oleh manusia. Sehingga istilah garis leher pun mengalami pengembangan dari bentuk dasarnya. Dan berikut ini adalah gambar dan penjelasan dari berbagai macam bentuk garis leher yang merupakan pengembangan dari ketiga bentuk dasarnya.

macam+macam+garis+leher
Gambar Garis Leher

Keterangan:

  1. Garis Leher U adalah garis leher yang memiliki bentuk seperti huruf U.
  2. Garis Leher off Shoulder, adalah garis leher dengan bentuk terbuka melebar tanpa garis bahu dan turun sampai dibawah bahu.
  3. Garis Leher Sweetheart, adalah garis leher yang memiliki bentuk hati yang terbentuk dari dua buah lengkungan yang bertemu di bagian tengahnya.
  4. Garis Leher Camisole, adalah garis leher tanpa bahu dan menggunakan ban atau tali yang lebar.
  5. Garis Leher Cowl, adalah garis leher yang terbentuk dari sehelai kain yang dibuat dengan cara digunting dengan arah serong dan didraperikan pada bagian depan.
  6. Garis Leher Boat, adalah garis leher yang terbentuk dari garis horizontal atau garis yang melebar dengan menghubungkan dua titik pada bahu dengan kedalaman yang sama. Garis leher jenis sering disebut dengan garis leher bateau.
  7. Garis Leher Halter, adalah garis leher yang ditinggikan dan dapat berkerut atau tidak berkerut.
  8. Garis Leher Strapless, adalah garis leher dengan bentuk terbuka tanpa bahu dan tanpa tali. Bentuk garis leher ini hampir menyerupai kemben.
  9. Garis Leher Tapal Kuda, adalah garis leher yang berbentuk seperti sebuah tapal kuda ini memiliki bentuk rendah pada dada, tetapi tidak begitu melebar.
  10. Garis Leher Diamond, adalah garis leher yang menyerupai bentuk garis leher hati, tetapi tidak membentuk lengkung di bagian bawahnya.
  11. Garis Leher Decolette, adalah garis leher yang memiliki bentuk rata sampai bahu dan dada, serta bagian tengahnya sangat rendah.
  12. Garis Leher Slot, adalah garis leher yang diberi belahan di bagian tengah muka sekitar 10 sampai12 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam bentuk garis leher yang perlu kita ketahui dalam dunia fashion. Dari bentuk-bentuk yang ada, semoga dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan dalam membuat variasi lain dari yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top