Home » Wisata » Benteng Pendem, Wisata Sejarah Di Cilacap

Benteng Pendem, Wisata Sejarah Di Cilacap

benteng pendem cilacap wisata sejarah di cilacap
Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem, Wisata Sejarah Di Cilacap – Berwisata ke kota Cilacap, belum seru jika belum mengunjungi objek wisata yang bernama benteng pendem. Benteng yang berada di  bawah timbunan tanah ini memang layak dijadikan destinasi objek wisata sejarah bangsa Indonesia.

Benteng yang merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda ini, memiliki banyak misteri yang bikin bulu kuduk merinding. Sehingga lokasi wisata ini pernah di gunakan untuk lokasi syuting acara uji nyali yang disiarkan langsung di televisi.

Benteng Pendem, Wisata Sejarah Di Cilacap

Benteng yang di dirikan pada tahun 1861 ini berada di dekat lokasi wisata teluk penyu Cilacap. Dulunya, benteng ini merupakan tempat pertahanan tentara Belanda dari serangan arah laut. Selain itu, benteng ini juga merupakan tempat penjara yang terkenal dengan keangkerannya.

Setelah masa penjajahan berakhir dan Bangsa Indonesia meraih kemenangan, Benteng yang berada di  bawah timbunan tanah ini. Namun, sekitar tahun 1986, pemerintah setempat menemukannya kembali dan mengolahnya, serta menjadikannya sebagai objek wisata hingga sekarang.

Konon, di lokasi objek wisata benteng pendem ini terdapat sebuah terowongan yang terhubung ke pulau nusakambangan. Terowongan ini dulunya digunakan oleh tentara Belanda sebagai jalan rahasia bawah tanah menuju pulau Nusakambangan yang juga terdapat beberapa benteng pertahanan.

Namun, sekarang terowongan ini dikabarkan telah mengalami kebocoran dan tergenang air laut. Sehingga tidak dapat digunakan lagi sebagai jalan penghubung antara daratan pesisir dengan pulau Nusakambangan.

Lokasi Dan Tiket Masuk Objek Wisata Benteng Pendem

Objek wisata benteng pendem ini berlokasi di Cilacap Selatan, tepatnya di jalan Benteng, Kebon Baru, Cilacap, Jawa Tengah. Merupakan daerah pesisir pantai selatan yang berada di pusat kota Cilacap.

Baca Juga :  Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap, Lokasi Dan Harga Tiket

Akses jalan menuju tempat wisata benteng pendem ini sangat mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa langsung mengambil arah ke selatan dari alun-alun Cilacap menuju pesisir pantai. Karena merupakan ikon wisata kota cilacap, banyak sekali papan petunjuk arah yang dapat digunakan untuk menuju objek wisata beteng pendem ini.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan pelayanan trasportasi online seperti gojek dan grab yang sudah beroperasi di kota Cilacap.

Untuk biaya masuk ke lokasi wisata juga terbilang murah. Kita hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Dengan tarif segitu, kita sudah dapat menikmati peninggalan sejarah dan menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Demikianlah sedikit gambaran mengenai obyek wisata benteng pendem Cilacap. Semoga bisa menambah wawasan.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top