Home » Wisata » Rahasia Misteri Sejarah Pulau Nusakambangan Cilacap

Rahasia Misteri Sejarah Pulau Nusakambangan Cilacap

pulau+nusakambangan+cilacap
Pulau Nusakambangan Cilacap

Rahasia Misteri Sejarah Pulau Nusakambangan Cilacap – Pulau Nusakambangan merupakan sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Namun, pulau ini berdayakan oleh Badan Kementrian Hukum sebagai daftar deretan pulau terluar Indonesia. Sehingga, pulau nusakambangan ini tidak termasuk dalam lembaga administratif kabupaten Cilacap.

Bagi yang pernah mendengar nama Pulau Nusakambangan, pasti akan terbayang mengenai keangkeran sebuah pulau yang hanya berpenghuni narapidana kelas satu di Indonesia yang dikelilingi oleh buaya-buaya menyeramkan. Selain itu, banyak cerita misteri yang sering diungkapkan oleh warga kota Cilacap ketika mendatangai pulau tersebut.

Rahasia tentang pulau nusakambangan tersebut mungkin memang benar adanya, karena pulau tersebut memiliki suasana yang sepi dan tenang. Ketika kita masuk ke pulau nuasakmbangan, yang terlihat hanyalah pepohonan-pepohonan besar dan tumbuhan liar yang menjalar di dalam semak-semak. Serta, beberapa benteng peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih mengungkap banyak cerita mistis.

Pulau Nusakambangan ini memang sangat terkenal sebagai tempat penjara untuk tahanan kelas satu di Indonesia. Narapidana yang di tempatkan di pulau ini, sudah pasti tahanan yang memiliki hukuman berat atau bahkan terpidana mati. Ya, memang di pulau inilah sering dijadikan tempat eksekusi hukuman mati untuk narapidana yang memiliki kasus berat.

Pulau Nusakambangan ini, menyimpan berjuta misteri dan sejarah tentang bangsa Indonesia di masa penjajahan dahulu. Peninggalan peristiwa sejarah tersebut sampai sekarang masih dapat dilihat pada bangunan-bangunan tua yang berdiri di pulau mistis ini. Salah satunya yaitu benteng peninggalan pada masa penjajahan Belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh.

Namun, tahukah anda? selain terkenal dengan cerita misteri dan penjaranya, ternyata pulau nusakambangan ini menyimpan sejumlah tempat wisata yang masih alami dan sangat mempesona. wisata Pulau Nusakambangan yang terkenal adalah pantai permisan. Pantai berhamparan pasir putih dan ombak yang besar ini merupakan tempat wisata cilacap yang masih alami dan jarang di jangkau oleh para wisatawan. Selain pantai permisan, tempat wisata di pulau nusakambangan yang lainnya yaitu ada pantai karang pandan, benteng karang bolong, goa ratu, dan kampung laut.

Baca Juga :  Lokasi Dan Harga Tiket Wisata Hutan Payau Cilacap

Paulau Nusakambangan juga merupakan cagar alam nasional. Dimana di pulau ini masih terdapat jenis flora dan fauna yang masih dilindungi. Seperti pohon plahlar yang kualitas kayunya setara dengan kayu miranti Kalimantan. Adapun macam kumbang yang juga terkadang masih menampakan wujudnya.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai rahasia misteri sejarah pulau nusakambangan Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah pulau yang penuh dengan misteri, tetapi memiliki surga wisata yang indah dan alami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top