Home » Wisata » Wisata Cilacap Terbaru Dan Lokasinya

Wisata Cilacap Terbaru Dan Lokasinya

wisata+cilacap+terbaru
Wisata Cilacap Terbaru

Wisata Cilacap Terbaru – Memiliki hobi berwisata, memang sesuatu yang menyenangkan. Dan salah satu tempat yang direkomendasikan sebagai tujuan wisata yaitu Kota Cilacap. Karena, di kota cilacap ini terdapat beberapa tempat wisata baru atau pun lama yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Terhitung dari tahun 2018 sampai 2019, ada banyak sekali tempat wisata di Cilacap. Ada yang bernuansa desa wisata sampai hamparan pantai pasir putih yang indah. Selain itu, ada beberapa tempat wisata baru yang memang sengaja dibangun sebagai tempat rekreasi masyarakat setempat mau pun para wisatawan luar kota.

Melihat banyaknya tempat wisata yang ada di kota Cilacap, maka akan sangat disayangkan jika tidak dikunjungi satu per satu. Adapun tempat-tempat wisata yang direkomendasikan jika ingin berwisata ke kota Cilacap. Yaitu seperti yang akan diulas berikut ini.

13 Wisata Cilacap Terbaru Dan Lokasinya

Berikut merupakan daftar tempat wisata yang ada di kota Cilacap yang telah diperbaharui oleh dinas pariwisata Kota Cilacap beserta lokasinya masing-masing.

1. Wisata Hutan Payau

Tempat wisata yang pertama di Kota Cilacap adalah Objek Wisata Hutan Payau. Objek wisata ini menyuguhkan keasrian alam dari hutan bakau (hutan mangrove) yang terletak di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara. Objek wisata ini telah ada sejak tahun 1978 dan memiliki luas area sekitar 10 hektar. Oleh karena itu hutan ini telah dijadikan hutan kota di Kota Cilacap saat ini.

Hutan yang berada di segara anakan ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu air sungainya yang berasal dari campuran antara air laut dengan air tawar. Oleh karena itu dinamakanlah air payau, yang berarti tidak asin dan tidak pula tawar. Sehingga olahan ikan yang berasal dari sungai Wisata Hutan Payau ini akan terasa gurih dan nikmat sekali saat disantap.

Baca Juga :  Benteng Pendem, Wisata Sejarah Di Cilacap

2. Wisata Pantai Teluk Penyu

Pantai teluk penyu merupakan pantai yang berada di pusat Kota Cilacap yang tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari pasti ramai di datangi oleh para wisatawan. Dari pantai teluk penyu inilah para wisatawan dapat melihat secara langsung Pulau Nusakambangan yang namanya telah terkenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selain dari fasilitasnya yang memang dikatakan cukup lengkap, pantai ini juga menyediakan arena bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing di laut. Di pinggiran pantai ini juga banyak sekali penjual yang memperdagangkan souvenir dan kerajinan hasil habitat laut serta beraneka ragam khas makanan dari Kota Cilacap.

3. Wisata Benteng Pendem

Objek wisata yang satu ini merupakan warisan sejarah Bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pada jaman penjajahan dahulu, benteng pendem ini adalah markas pertahanan tentara Belanda yang didirikan pada tahun 1861-1879. Pada masa akhir penjajahan dan Bangsa Indonesia telah merdeka, benteng ini sempat tertutup oleh tanah pesisir pantai.

Namun pada tahun 1986 telah ditemukan kembali dan dilestarikan oleh pemerintah Kabupaten Cilacap dan dijadikan objek wisata sampai saat ini. Objek Wisata Benteng Pendem sangat mudah ditemukan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung karena terletak di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

4. Wisata Pantai Permisan

Pantai Permisan adalah pantai yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang indah dan pulau-pulau kecil serta batu-batu karang yang menghiasi bibir pantai. Letaknya yang berada di pesisir selatan Pulau Nusakambangan. Membuat pantai ini masih dikatakan alami karena belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Untuk berkunjung sampai ke pantai permisan ini, para pengunjung harus terlebih dahulu menyeberangi lautan dengan menggunakan kapal selama kurang lebih 15 menit dari bibir pantai Kota Cilacap.

5. Wisata Benteng Karang Bolong

Objek wisata selanjutnya adalah Benteng Karang Bolong yang terletak di Pulau Nusakambangan. Bagi para wisatawan yang suka dengan hal-hal mistis, wajib untuk datang berkunjung ke benteng yang satu ini. Benteng yang berdiri sejak tahun 1873 ini merupakan bekas peninggalan kolonial Belanda. Di dalam benteng inilah pengunjung dapat melihat sisa-sisa masa penjajahan yang masih tersimpan di antara lorong-lorong dan dinding benteng.

Baca Juga :  Tempat Wisata Di Kota Cilacap Terbaru 2019

6. Wisata Gunung Srandil (Selok)

Gunung srandil dan bukit selok merupakan sebuah perbukitan yang letaknya di pesisir pantai selatan Kota Cilacap. Tepatnya di Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.Perbukitan ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pepohonan rindang yang tumbuh di atas bukit. Dan dari bukit inilah pengunjung dapat melihat hamparan lautan yang sangat luas yang terbentang di sepanjang bibir Kota Cilacap.

7. Wisata Pantai Sodong

Salah satu pantai yang sedang naik daun namanya di Kota Cilacap saat ini adalah Pantai Sodong. Pantai yang terletak dibawah Gunung Srandil ini memang menyajikan panorama alam yang luar biasa. Pantai yang ditumbuhi oleh deretan pohon cemara yang tertanam rapi ini akan membuat pengunjung merasa teduh dan betah jika berlama-lama di tempat ini. Selain dari deburan ombak pantai, di Pantai Sodong ini pengunjung juga bisa menikmati indahnya lereng-lereng bukit dari gunung srandil.

8. Wisata Kemit Forest

Kemit forest merupakan sebuah nama hutan, yaitu kemit yang terletak di daerah Sidareja, Cilacap. Baru-baru ini telah dijadikan sebuah tempat wisata edukasi yang sangat menarik. Di tengah suasana alam yang sejuk, kita dapat menikmati wahana edukasi yang sengaja di bangun di kemit forest tersebut.

9. Wisata Pantai Widara Payung

Masih bernuansa pantai pesisir di Kota Cilacap, Objek Wisata Pantai Widara Payung juga layak dikunjungi apabila berlibur di Kota Cilacap. Pantai ini juga cukup asri karena ditumbuhi oleh deretan pohon kelapa dan tanaman lainnya di sekitar pantai. Pantai ini juga menyediakan fasilitas gubuk-gubuk bersantai di tengah rimbunya pepohonan. Pantai Widara Payung ini terletak di Desa Sidayu, Widara Payung Wetan, Kecamatan binangun, Kabupaten Cilacap.

10. Wisata Waduk Kubangkangkung

Objek Wisata Waduk Kubangkangkung merupakan sebuah waduk yang terletak di tengah-tengah hutan karet yang terletak di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap. Waduk ini menyuguhkan pemandangan yang hijau dari alam hutan karet dengan udara yang sejuk di sekitarnya. Di lokasi waduk ini juga menyediakan beberapa wahana bermain seperti kapal wisata, bebek gayuh, kereta mini, terapi ikan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pantai Sodong Cilacap, Keindahan Lautan Di Balik Bukit Srandil

11. Wisata Curug Mandala

Curung Mandala merupakan air terjun yang berada di tengan perbukitan dengan hamparan batu-batu kecil dan besar yang mengelilinginya yang terletak di Desa Mandala, Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap. Dengan udara yang segar dan suara gemuruh air yang terdengar, curug ini mampu memberikan suasanya yang damai bagi para pengunjung. Namun karena lokasinya yang berada di tengah perbukitan, Objek wisata ini kurang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, sehingga akses jalan menuju tempat ini dapat dikatakan cukup sulit.

12. Wisata Curug Cimandaway

Objek wisata berikutnya adalah Curug Cimandaway yang terletak di Desa Serang Datar, Kecamatan Dayeuluhur, Kabupaten Cilacap. Curug cimandaway adalah air terjun yang memiliki 5 tingkatan dengan ketinggian 100 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Cilacap. Jika anda seorang yang menyukai alam dan gemar mandi di alam bebas, maka Curug Cimandaway merupakan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

13. Museum Soesilo Soedarman

Museum Soesilo Soedirman adalah satu-satunya tempat wisata bernuansa sejarah yang berada di Kota Cilacap. Letaknya berada di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Di dalam museum ini menyajikan peninggalan-peninggalan sejarah dari Jendral TNI (Purn) Soesilo Soedirman seperti alat musik gamelan, tokoh perwayangan, dan foto-foto sejarah dan lain-lain. Para pengunjung yang berlibur ditempat ini juga dapat melihat langsung kendaraan Panser Amphibi dan Pesawat Patroli TNI-AL di halaman museum.

Itulah daftar tempat wisata Cilacap terbaru dan lokasinya masing-masing. Tertarik untuk mengunjunginya? Silahkan datang dan nikmati berbagai keindahan dan pesona alam yang menawan di tempat wisata Cilacap.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top