Home » Informasi » Cara Menghilangkan Bekas Cat Air Dan Cat Minyak

Cara Menghilangkan Bekas Cat Air Dan Cat Minyak

cara+menghilangkan+bekas+cat
Cara Menghilangkan Bekas Cat

Cara Menghilangkan Bekas Cat – Pasti kita pernah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang menggunakan bahan cat. Misalnya melukis, mengecat tembok, atau mewarnai benda suatu benda agar terlihat baru lagi. Namun setelah selesai mengerjakaanya, biasanya tanpa kita sadari ada bekas cat yang menempel di tangan. Dan tentunya hal tersebut sangat tidak nyaman dan harus dibersihkan.

Berbicara mengenai cara membersihkan bekas cat, pasti orang-orang akan menjawabnya dengan menggunakan beberapa bahan kimia, seperti thinner, alkohol, dan bensin. Namun, apakah bahan-bahan tersebut efektif untuk menghilangkan noda cat? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membersihkan Noda Bekas Cat Air Dan Cat Minyak

Untuk membersihkan bekas cat, sebaiknya ketahui dulu jenisnya, apakah termasuk jenis cat air atau cat minyak. Jika noda cat berasal dari jenis cat air, kita cukup menggunakan air untuk membasuhnya, kemudian menggosok bekas tersebut sampai hilang. Lalu, bagaimana jika noda cat yang berasal dari cat minyak? Tentu saja cara menghilangkannya pun berbeda.

Untuk menghilangkan bekas cat minyak, sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan seperti thinner atau bensin. Namun, cara ini kurang efektif, karena bekas cat tidak akan langsung hilang, malah akan menyebar lebih luas. Apalagi jika terkena kulit yang sensitif, malah akan menyebabkan iritasi atau kulit melepuh. Dan jka hal ini sampai terjadi, maka segeralah untuk membasuhnya dengan air. Lalu, harus menggunakan apa agar noda cat minyak bisa hilang?

Jenis cat minyak memang lebih sulit hilang dibandingkan dengan cat air. Namun, ada satu cara yang paling aman dan efektif untuk menghilangkannya, yaitu dengan menggunakan minyak goreng atau baby oil. Caranya yaitu dengan melumuri bekas cat minyak yang menempel pada bagian tubuh, kemudian digosok secara perlahan dengan tangan. Jika noda cat sudah terkelupas, cucilah dengan air sabun, maka bekas cat akan hilang dari tubuh kita.

Baca Juga :  Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui

Jadi, kesimpulannya yang paling tepat mengenai cara membersihkan bekas cat yaitu :

  • Gunakan air untuk jenis cat air, kemudian lanjutkan dengan mencucinya dengan sabun sampai bersih.
  • Jangan menggunakan bahan kimia seperti thinner, minyak tanah, alkohol, atau bensin untuk menghilangkan bekas noda cat minyak.
  • Gunakan minyak goreng atau baby oil untuk menghilangkan bekas cat minyak.

Nah, begitulah cara menghilangkan bekas cat yang menempel pada tubuh kita, baik di tangan, di kaki, atau bagian tubuh yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top