Home » Informasi » Jenis-Jenis Neraca Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Neraca Beserta Fungsinya

jenis+jenis+neraca
Jenis-Jenis Neraca

Jenis-Jenis Neraca Beserta Fungsinya – Neraca merupakan salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk menimbang berat atau massa. Neraca juga sering disebut timbangan. Fungsinya adalah untuk mengetahui nilai berat suatu benda atau membandingkan berat benda yang satu dengan lainnya. Berikut akan diberikan informasi mengenai apa saja jenis-jenis neraca beserta fungsinya.

Jenis-Jenis Neraca Beserta Fungsinya

1. Neraca Sama Lengan

neraca+sama+lengan
Neraca Sama Lengan

Neraca sama lengan merupakan jenis neraca yang digunakan untuk mengukur massa emas. Alat ukur ini banyak dijumpai pada toko-toko emas. Neraca ini memiliki dua piringan dan anak timbangan, di mana fungsi piringan untuk meletakkan benda yang akan diukur massanya, sedangkan anak timbangan digunakan sebagai pembanding satuan besarannya.

2. Neraca Analog

neraca+analog
Neraca Analog

Jenis neraca selanjutnya yaitu neraca analog. Neraca jenis ini banyak digunakan di rumah tangga. Fungsinya adalah untuk mengukur massa benda. Cara menggunakannya yaitu dengan meletakan benda di wadah yang berada di atas neraca. Kemudian, skala pada neraca yang berbentuk jarum akan bergerak dan menunjukkan angka yang merupakan nilai besarnya massa.

Baca Lainnya :  Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar Potografi

3. Neraca Digital

neraca+digital
Neraca Digital

Neraca digital juga disebut sebagai neraca elektronik, karena menggunakan sistem elektrik pada layar digitalnya. Neraca digital merupakan alat ukur berat otomatis, sehingga diperoleh nilai massa benda yang lebih akurat dibanding dengan neraca lainnya. Neraca digital memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,001 gram, sehingga banyak digunakan untuk penelitian di laboratorium.

4. Neraca Lengan Gantung

neraca+lengan+gantung
Neraca Lengan Gantung

Jenis neraca berikutnya adalah neraca lengan gantung. Neraca ini banyak dijumpai di pasar-pasar uang digunakan untuk menimbang barang. Prinsip kerjanya seperti tuas, yaitu benda yang akan diukur massanya diletakkan secara menggantung pada pengaitnya. Untuk menjaga agar lengan tetap seimbang dan sejajar, maka perlu menggeser beban pemberat agar diketahui massanya.

5. Neraca Ohauss

neraca+ohauss
Neraca Ohauss

Neraca ohauss merupakan jenis neraca dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 gram. Seperti alat ukur panjang, terdapat skala pada neraca ohauss yang digunakan untuk membaca ukuran massa suatu benda. Neraca ini memiliki tiga jenis skala, skala pertama ratusan gram, skala kedua puluhan gram, dan skala ketiga satuan gram.

Baca Lainnya :  WAGEAN - Pasar Tradisional Di Cilacap Sepekan Sekali

6. Neraca Pegas

neraca+pegas
Neraca Pegas

Neraca pegas adalah salah satu alat pengukur massa yang sering digunakan di laboratorium fisika. Karena hanya mampu mengukur benda-benda yang ringan. Cara mengetahui ukuran massa bendanya sama halnya ketika menggunakan alat ukur suhu, yaitu dengan melihat angka yang ditunjukkan pada skala yang tertera pada neraca.

Terdapat dua skala pada neraca pegas, yaitu skala N (newton) dan skala g (gram). Skala N berfungsi untuk mengetahui berat benda, sedangkan skala g berfungsi untuk mengetahui massa benda.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis neraca beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top