Home » Informasi » Keutamaan, Peristiwa Sejarah Islam, Dan Kesalahan Di Bulan Muharram

Keutamaan, Peristiwa Sejarah Islam, Dan Kesalahan Di Bulan Muharram

keutamaan dan peristiwa sejarah di bulan muharram
Keutamaan Bulan Muharram

Keutamaan, Peristiwa Sejarah Islam, Dan Kesalahan Di Bulan Muharram – Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam yang lamanya 30 hari. Kata Muharram sendiri berasal dari kata yang memiliki arti diharamkan atau dipantangkan. Yakni Allah SWT melarang untuk melakukan peperangan atau pertumpahan darah.

Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ


Artinya : ” Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Alloh di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya ; dan ketahuilah bahwasanya Alloh beserta orang – orang yang bertaqwa “. (Q.S At taubah : 36)

Telah dijelaskan dalam ayat Al Qur’an di atas bahwa di dalam kalender Islam terdapat empat bulan yang diharamkan, yaitu muharram, rajab, dzulqaidah, dan dzulhijjah. Namun bulan muharram ini meraih keistimewaan dan kemuliaan di Sisi Allah SWT. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadist berikut :

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah berpuasa di bulan Allah, bulan muharram”. ( HR. Muslim 1982 )

Berdasarkan hadist di atas, setiap umat muslim disunahkan untuk berpuasa di bulan muharram, tepatnya di hari kesepuluh atau yang sering disebut dengan hari Asyura. Karena keutamaan dari puasa asyura tersebut yaitu menghapus dosa – dosa tahun yang lalu.

Keutamaan, Peristiwa Sejarah Islam, Dan Kesalahan Di Bulan Muharram

Kemuliaan bulan Muharram ini juga telah digambarkan dari banyaknya peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam yang telah terjadi pada masa lampau, diantaranya :

  • Allah SWT menciptakan alam semesta beserta isinya.
  • Allah SWT pertama kali menurunkan hujan dan Rahmat-Nya.
  • Allah SWT menjadikan Malaikat Jibril.
  • Allah SWT menjadikan ‘Arsy dan Luh Mahfuz.
  • Nabi Adam As bertaubat kepada Allah SWT.6. Laut merah terbelah dua menenggelamkan raja Fir’aun dan tentaranya dan menyelamatkan Nabi Musa As dan pengikutnya.
  • Nabi Nuh As dan pengikutnya diselamatkan oleh Allah SWT setelah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.
  • Nabi Ibrahim As diselamatkan oleh Allah SWT dari api raja Namrud.
  • Nabi Idris  As dan Nabi Isa As diangkat ke langit oleh Allah SWT.10. Nabi Yunus As dikeluarkan dari perut ikan yang telah menelannya selama 40 hari 40 malam.
  • Nabi Sulaiman As di karuniai oleh Alloh SWT kerajaan yang besar.
  • Kesalahan Nabi Daud As diampuni oleh Allah SWT.13. Nabi Ayub As disembuhkan oleh Allah SWT dari penyakit kulit yang dideritanya.
  • Nabi Yusuf As dibebaskan dari penjara.
  • Nabi Yakub As dipulihkan penglihatannya oleh Allah SWT.

Kesalahan – Kesalahan Yang Terjadi Di Bulan Muharram

Adapun kesalahan – kesalahan yang terjadi di bulan Muharram, yang di dalamnya tidak ada satu hadist pun yang menjelaskannya. Dan kesalahan – kesalahan tersebut diantarnya :

  • Menyambut perayaan masuknya tahun baru hijriyah dengan saling mengucapkan selamat dengan datangnya tahun baru Islam.
  • Mengkhususkan hari pertama di bulan Muharram dengan berpuasa dengan niat menyambut tahun baru Islam.
  • Menghidupkan malam pertama di bulam Muharram dengan melakukan ibadah.
  • Mengkhususkan awal tahun hijriyah untuk melakukan umroh di bulan Muharram.
  • Membuat doa khusus di hari pertama tahun baru hijriyah yang dinamakan dengan doa awal tahun.
  • Menjadikan hari Asyura sebagai hari bersedih dan berkabung.

“Barang siapa membuat suatu perkara dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak”. (HR. Bukhori, 2697 dan HR. Muslim, 1718)

“Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah kesesatan. Dan setiap kesesatan tempatnya di neraka”. (HR. Muslim, 867)

Demikanah sedikit penjelasan mengenai keutamaan bulan muharram dan kesalahan-kesalahan yang terjadi didalamnya. Semoga menjadi petunjuk yang benar.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top