Home » Pendidikan » Cara Menggambar Pemandangan Alam

Cara Menggambar Pemandangan Alam

cara+menggambar+pemandangan
Cara Menggambar Pemandangan Alam

Cara Menggambar Pemandangan Alam – Pemandangan alam memang sangat indah dinikmati. Agar dapat merasakan keindahannya setiap hari, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggambar pemandangan alam tersebut. Dengan begitu, kita akan merasakan keindahan setiap melihat lukisan pemadangan alam yang terpajang di dinding secara permanen.

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam menggambar pemandangan alam. Yang pertama yaitu dengan menuangkan imagi yang ada di pikiran kita. Sedangkan yang kedua kita dapat mencontoh secara langsung pemandangan alam yang akan digambar. Namun, untuk cara yang kedua, kita harus pergi menentukan objek yang akan di gambar.

Pemandagan alam memiliki cakupan yang sangat luas. Karena, obyek yang dapat digambar bisa berupa pemandangan alam pegunungan, pemandangan pantai, pemandangan air terjun, atau pun perpaduan dari obyek-obyek tersebut.

Dalam menggambar pemandangan alam, kita harus memahami tehnik dan langkah-langkahnya. Agar dapat menghasilkan sebuah lukisan yang sempurna. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan menguraikan bagaimana cara menggambar pemandangan alam sederhana dengan mudah.

Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Indah

Sebelum memulai menggambar, sediakan alat-alat yang diperlukan untuk menggambar seperti kertas, pensil, penghapus, dan pewarna. Dan untuk langkah-langkah menggambar pemandangan alam yaitu :

1. Menenutukan Obyek Gambar

cara+menggambar+pemandangan
Menentukan Obyek Gambar

Menentukan obyek yang akan digambar merupakan hal utama yang harus dilakukan. Untuk menggambar pemandangan alam. Kita bisa memilih obyek seperti gunung, sawah, danau, air terjun, atau temapt-tempat yang indah yang dapat dijadikan obyek gambar. Karena imajinasi setiap orang berbeda-beda, maka tentukanlah obyek yang menurut kita paling indah untuk digambar.

Dalam menentukan obyek gambar, kita juga harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya penggabungan antara obyek yang berbeda. Jika kita pintar dalam memadukannya, maka gambar akan menjadi semakin indah. Namun jika salah atau kurang tepat dalam memilih penggabungan suatu obyek, maka hasil lukisan akan aneh dan terlihat kurang menarik.

2. Membuat Sketsa

cara+menggambar+pemandangan
Membuat Sketsa

Setelah menemukan obyek gambar pemandangan alam, mulailah dengan membuat sketsa gambar. Sketsa merupakan rancangan gambar yang digambar secara tipis-tipis. Untuk membuat sketsa gambar pemandangan alam, kita dapat memulai dari obyek-obyek utama, seperti gunung, jalanan dan pohon.

Dalam membuat sketsa, kita dapat menggunakan pensil terlebih dahulu. Atau bisa juga langsung dengan menggunakan pewarna cat air dengan warna yang ringan. Karena jika langsung menggunakan warna yang tepat, akan susah memudarkannya kembali.

3. Memperjelas Gambar

cara+menggambar+pemadangan
Memperjelas Gambar

Setelah tahap perancangan (sketsa) selesai, teruskanlah dengan menebalkan obyek gambar dengan pensil. Dalam memperjelas obyek gambar, kita dapat menambahkan efek dan obyek-obyek tambahan seperti rerumputan, batu-batu kecil, aliran air sungai, dan lain-lain agar gambar menjadi terlihat lebih hidup.

Kita juga bisa menambahkan efek bayangan atau tiga dimensi agar hasil lukisan semakin tampak asli. Misalnya dengan membuat arsiran atau memudarkan bagian yang tidak terkena cahaya.

4. Mewarnai Gambar

cara+menggambar+pemandangan
Mewarnai Gambar

Langkah selanjutnya yaitu mewarnai gambar. Dalam melakukan pewarnaan, pastikan memilih warna yang pas dan sinkron. Atau kita juga bisa menggunakan warna-warna gradiasi agar gambar menjadi lebih hidup. Janganlah menggunakan warna yang tidak sesuai dengan obyek gambar. Karena, mewarnai gambar ini sangat menentukan hasil dari lukisan.

Dalam mewarnai lukisan, kita juga harus rapih. Usahakan warna tidak keluar dari garis sketsa. Karena tahap mewarnai ini sangat menentukan hasil sebuah lukisan.

5. Finishing

cara+menggambar+pemandangan
Penyelesaian

Tahap terakhir adalah finishing (penyelesaian). Dalam tahap ini, kita harus dapat mengecek setiap sudut pandang gambar yang belum rapih atau terasa kurang pas. Kita dapat memberikan goresan-goresan lembut menggunakan pensil atau pewarna. Sehingga nilai keindahan pada lukisan akan muncul dan hasil lukisan tampak hidup.

Itulah langkah-langkah cara menggambar pemandangan alam. Silahkan dicoba sesuai dengan imagi masing-masing. Semoga membuahkan lukisan pemandangan yang indah dan menawan.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top