Home » Informasi » Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang

Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang

selamat+siang+dalam+bahasa+jepang
Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang

Selamat Siang Dalam Bahasa Jepang – (こんにちは) Konnichiwa merupakan ucapan selamat siang dalam bahasa jepang. Kata salam ini biasanya diucapkan ketika hari sudah mulai panas atau menjelang siang sekitar pukul 11.00 sampai petang hari. Hal ini dikarenakan tidak ada ucapan khusus selamat sore dalam bahasa jepang.

Penggunaan konnichiwa sedikit berbeda dengan kata ohayou gozaimasu (selamat pagi dalam bahasa jepang). Ucapan selamat siang ini jarang diucapkan kepada keluarga sendiri, orang dekat, atau orang yang sering bertemu. Namun biasanya ditujukan kepada orang lain, seperti tetangga, guru, tamu dan orang lain yang jarang ditemui. Meskipun begitu, akan lebih sopan jika mengucapkan konnichiwa kepada siapapun termasuk orang yang lebih tua.

Selain diartikan sebagai ucapan selamat siang, konnichiwa juga bisa berarti hai, hallo, atau apa kabar. Jadi, kita juga bisa menggunakan salam ini meskipun keadaan masih pagi atau di waktu malam hari. Kata salam ini juga sering dipakai saat pertama kali melakukan perkenalan diri dalam bahasa jepang.

Jika kita memperhatikan penulisan huruf hiragana pada konnichiwa (こんにちは), pasti akan sedikit bingung dengan penulisan kata tersebut. Karena jika dibaca apa adanya, kata tersebut akan berbunyi konnichiha. Lalu kenapa penulisan konnichiwa menggunakan huruf ha (は) dibaca wa?

Dalam bahasa jepang, huruf ha (は) dalam kata konnichiwa merupakan sebuah partikel. Dimana partikel ha (は) ini digunakan sebagai penanda topik suatu pembicaraan. Jadi, kata konnichi ha ini jika diartikan secara umum memiliki arti hari ini…. Sehingga, jika diterjemahkan secara utuh kata konnichiwa dapat diartikan menjadi membicarakan hal tentang hari ini.

Menurut cerita orang Jepang, dahulu kata konnichiwa sering diucapkan dengan tambahan kata di belakannya. Kata tersebut biasanya digunakan untuk menanyakan suatu kabar atau kondisi tentang hari ini. Misalnya konnichi wa gokigen ikaga desuka? yang berarti bagaimana kabarnya hari ini? Namun, seiring berjalannya waktu kata salam bahsa jepang tersebut menjadi konnichiwa dan sering digunkan untuk mengucapkan selamat siang.

Nah, kira-kira seperti itulah pembahasan mengenai ucapan salam selamat siang dalam bahasa jepang dan penggunaannya. Semoga dapat menjadi media pemebelajaran yang bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top