Home » Bahasa Jepang » Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

selamat+malam+dalam+bahasa+jepang
Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

Selamat Malam Bahasa Jepang – Kata untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa jepang adalah konbanwa [こんばんは]. Kata konbanwa digunakan untuk memberi salam di malam hari. Bisanya dimulai ketika hari sudah terasa gelap hingga larut malam.

Kata konbanwa berasal dari kata konban yang artinya malam ini. Partikel wa di akhir kata konban berfungsi sebagai penanda topik. Sebenarnya, kata konbanwa ini merupakan kosakata yang diambil dari ucapan konban wa gokigen ikaga desuka? yang artinya bagaimana kabarnya tentang malam ini?

Namun, seiring berjalannya waktu, kalimat tersebut akhirnya mengalami perubahan dan dipersingkat menjadi konbanwa saja dan digunakan sebagai kata ucapan selamat malam dalam kehidupan sehari-hari.

Ucapan Selamat Malam Dalam Bahasa Jepang

Dalam penggunaannya, ucapan selamat malam konbanwa ini hampir sama dengan konnichiwa yang digunakan untuk mengucapkan selamat siang dalam bahasa jepang dan ohayou gozaimasu yang berarti ucapan selamat pagi dalam bahasa Jepang. Perbedaannya terletak pada waktu kapan diucapkannya saja.

Baca Lainnya :  Belajar Bahasa Jepang | Minna No Nihongo 2 Bab 31

Kata salam ohayou gozaimasu digunakan dimulai dari dini hari hingga matahari terasa panas (menjelang siang). Sedangkan konnichiwa dimulai dari ketika hari sudah panas hingga sore hari. Sementara itu, batas waktu antara konnichiwa dengan konbanwa adalah saat matahari terbenam.

Untuk mengucapkan kata konbanwa tidak ada ketentuan waktu kapan dimulainya. Hal ini dikarenakan adanya pergantian musim yang membedakan waktu terbenamnya matahari.

Pada musim panas, matahari akan terbenam sekitar pukul 19.00. Sedangkan di musim dingin menjadi lebih awal sekitar pukul 17.00. Jadi, pengucapan yang tepat untuk kata konbanwa ini dapat dimulai sekitar pukul 17.00 sampai 19.00.

Kata konbanwa ini dapat digunakan dalam dua keadaan, yaitu pada saat bertemu dengan orang lain dan berkunjung ke rumah orang lain.

Saat bertemu dengan orang lain, kata konbanwa biasanya hanya diucapkan kepada orang yang tidak begitu dekat, seperti orang-orang yang jarang bertemu, orang yang baru kenal, rekan kerja berbeda tempat, tetangga, atau orang umum.

Baca Lainnya :  Belajar Bahasa Jepang | Minna No Nihongo 2 Bab 36

Kata konbanwa sangat jarang digunakan untuk menyapa orang-orang terdekat yang sering bertemu atau sudah kenal dengan akrab, seperti teman, keluarga, teman sekolah, rekan kerja sekelompok, dan kekasih.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kata konbanwa ini hanya diucapkan sebagai salam pertemuan yang sopan kepada orang lain. Selain sebagai kata sapaan, kata konbanwa juga dapat digunakan sebagai ucapan permisi ketika mengunjungi rumah orang lain di malam hari.

Demikanlah pembahasan mengenai ucapan selamat malam dalam bahasa jepang. Semoga dapat dijadikan materi yang bermanfaat dalam belajar bahasa jepang.

Baca Juga :

Scroll to Top