Home » Bahasa Jepang » Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang

Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang

selamat+ulang+tahun+dalam+bahasa+jepang
Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang

Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang – お誕生日おめでとう (Otanjoubi omedetou) adalah kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Orang jepang biasanya selalu mengucapkan kata tersebut kepada orang lain (teman, keluarga, rekan kerja) yang sedang merayakan hari ulang tahunnya.

Otanjoubi omedetou itu sendiri berasal dari kata tanjoubi yang artinya hari lahir, sedangkan omedetou memiliki arti selamat (ucapan). Sementara itu, partikel O yang terletak diawal kata sebagai bentuk kesopanan. Sehingga, jika kata tersebut digabung, maka otanjoubi omedetou artinya menjadi selamat hari lahir atau selamat ulang tahun.

Pengucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jepang pun hampir sama di berbagi belahan dunia, yakni terdapat beberapa versi yang digunakan tergantung kepada siapa lawan bicaranya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai kosakata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jepang.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jepang

Meskipun hanya sebuah kata ucapan, penggunaan kata selamat ulang tahun di Jepang memiliki beberapa versi yang berbeda. Hal tersebut didasari oleh rasa hormat atau kesopanan kepada siapa kita mengucapkannya. Dan berikut merupakan penggunaan beberapa ucapan selamat ulang tahun di Jepang yang benar.

1. Otanjoubi Omedetou (お誕生日おめでとう)

Otanjoubi omedetou adalah kalimat ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jepang yang paling umum digunakan. Namun, kalimat ini lazimnya diucapkan kepada orang lain yang sudah akrab atau lawan bicara yang sudah sering bertemu.

Perlu diperhatikan bahwa otanjoubi omedetou hanya ditujukan kepada orang yang sudah memiliki hubungan dekat saja, seperti teman, keluarga, dan kepada orang lain yang usianya lebih muda dari kita.

Baca Lainnya :  Belajar Bahasa Jepang | Minna No Nihongo 2 Bab 28

Ucapan otanjoubi omedetou ini sangat tidak tepat digunakan kepada orang yang baru dikenal atau orang yang belum akrab. Karena ucapan kata ini memiliki konotasi yang kurang sopan jika diucapkan kepada orang yang lebih tua, seperti guru, atasan kerja, orang umum, dan lain sebagainya.

Contoh

たくさんの幸せが訪れますように。お誕生日おめでとう!
Takusan no shiawase ga goremasuyouni. Otanjoubi Omedetou!
Selamat ulang tahun. Semoga mendapatkan banyak kebahagiaan.

2. Otanjoubi Omedetou Gozaimasu (お誕生日おめでとうございます)

Ucapan otanjoubi omedetou gozaimasu ini memiliki makna yang paling sopan diantara kata ucapan selamat ulang tahun bahasa Jepang lainnya. Perhatikan kata gozaimasu pada kalimat tersebut, goziamasu merupakan akhiran yang digunakan sebagai bentuk yang sangat formal atau sopan dalam bahasa Jepang.

Penggunaan Otanjoubi Omedetou Gozaimasu sangat tepat diucapkan sebagai kata ucapan selamat ulang tahun kepada lawan bicara yang baru dikenal atau belum akrab. Atau bisa juga diucapkan kepada siapa saja jika ingin menggunakan bentuk yang formal dan sopan.

Contoh

ごかつやくをおいのりします。お誕生日おめでとうございます!
Gokatsuyaku o o-inori shimasu. Otanjoubi omedetou gozaimasu !
Saya doakan kesuksesan untuk Anda. Selamat ulang tahun !

3. Happii Baasudee (ハッピーバースデー)

Happii Baasudee merupakan kata selamat ulang tahun yang berasal dari serapan bahasa asing happy birthday. Oleh sebab itu penulisannya menggunakan huruf katakana.

Penggunaan ucapan happii baasudee ini biasanya diucapkan kepada orang yang sudah akrab atau kepada orang asing yang tinggal di Jepang.

Contoh

素晴らしい1年になりますように。ハッピーバースデー!
Subarashii ichinen ni narimasu you ni. Happii Baasudee !
Aku harap ini akan menjadi tahun yang luar biasa bagimu. Selamat ulang tahun!

4. Ota-Ome/Tanome/Ometan

Ota-ome sebenarnya merupakan kependekan dari ota (njoubi) ome (detou) atau tan (joubi) ome (detou). Namun, sering juga diucapkan dengan Ometan.

Baca Lainnya :  Kata Benda Dalam Bahasa Jepang Dan Artinya

Ota-Ome atau Tanome adalah ucapan bahasa gaul untuk mengucapkan selamat ulang tahun yang populer di kalangan anak muda. Sedangkan Ometan merupakan kebalikan dari kata Tanome. Kemungkinan kata Tanome ini adalah ucapaan kebiasaan anak-anak muda yang sering membolik-balikkan kata di zaman modern seperti sekarang ini

Contoh

かわいいちゃん、おめたん !
Kawaii chan, ometan…!
Gadis cantik, met ultah ya!

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang

あなたの誕生日が幸せな日になりますように
Anata ni tanjoubihi ga shiawasena hi narimasuyouni.
Semoga di hari ulang tahunmu menjadi hari yang bahagia.

たくさんの幸せが訪れますように。誕生日おめでとう
Takusan no shiawase ga goremasuyouni. Tanjoubi omedetou.
Saya berharap kamu akan mendapatkan banyak kebahagiaan, selamat ulang tahun.

 あなたの誕生日が素敵な日になりますように
Anata no tanjoubi ni ga sutekina hi ni narimasuyouni.
Semoga hari ulang tahunmu akan menjadi indah.

楽しい誕生日を過ごしてね。
Tanoshi tanjoubi wo sugoshite ne.
Semoga kamu akan menghabiskan waktu yang menyenangkan di hari ulang tahunmu.

いつも友達でいてくれてありがとう。お誕生日おめでとう。
Istumo tomodashi deitekurete arigatou. Otanjoubi omedetou.
Terima kasih untuk selalu menjadi temanku, selamat ulang tahun.

今年も(name orang yang berulang tahun) にとってらしいでありますに
Kotoshi mo (nama orang yang berulang tahun) ni totte subarashii toshi de arimasuyouni.
Semoga tahun ini juga akan menjadi tahun yang luar biasa untuk (nama orang yang berulang tahun).

Demikianlah pembahasan mengenai kosakata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Semoga dapat menambah kosakata dalam belajar bahasa Jepang.

Baca Juga :

Scroll to Top