Home » Informasi » Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

selamat+pagi+dalam+bahasa+jepang
Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang – おはようございます “Ohayou Gozaimasu” merupakan ucapan bahasa jepang untuk kata selamat pagi. Kata ucapan selamat pagi ini selalu digunakan oleh orang jepang saat bertemu pertama kali dengan orang lain sebelum jam 12 siang. Sapaan salam ini selalu diucapkan ketika berpapasan dengan teman, anggota keluarga, rekan kerja, atau pun kepada atasan.

Meskipun hanya sekedar ucapan selamat pagi, namun kebiasaan tersebut sangat membudaya dan dapat dijadikan tolak ukur dalam menilai kepribadian seseorang di Jepang. Seolah-olah merupakan ucapan yang wajib diberikan ketika bertemu seseorang. Oleh sebab itu, jika berada di Jepang, jangan heran jika setiap orang yang berpapasan di pagi hari pasti akan mengucapkan ohayou gozaimasu yang artinya selamat pagi.

Dalam mengucapkan selamat pagi, ada beberapa aturan atau kebiasaan yang harus diperhatikan. Karena ucapan selamat pagi ini harus tepat diucapkan kepada siapa orang yang bertemu (lawan bicara). Oleh sebab itu, kita harus tahu tata cara dalam menyapa seseorang. Karena bentuk ucapannya pun akan berbeda tergantung dengan siapa lawan bicara kita. Dan berikut merupakan cara penggunaan kata selamat pagi di jepang.

Cara Mengucapkan Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ucapan salam selamat pagi di Jepang. Yaitu ucapan selamat pagi kepada orang yang berkedudukan lebih tinggi, ucapan selamat pagi kepada orang yang setara, dan ucapan selamat pagi kepada anak-anak. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Ucapan Kepada Orang Yang Kedudukannya Lebih Tinggi

Pengucapan selamat pagi kepada orang yang lebih tua atau memiliki jabatan, tentunya harus lebih ramah dan sopan dibanding dengan orang yang setara dengan kita atau lebih muda. Misalnya ucapan selamat pagi yang dipakai untuk menyapa atasan perusahaan (sachou), kepala bagian, kepala regu, guru, orang tua, dan orang lain yang umurnya lebih tua dari kita.

Kata ucapan yang paling sopan dalam bahasa jepang untuk selamat pagi adalah “Ohayou Gozaimasu”. Oleh karena itu, jika bertemu pertama kali dipagi hari dengan orang-orang Jepang yang kedudukannya lebih tinggi dari kita, maka ucapkanlah Ohayou Gozaimasu sambil menundukan badan.

2. Ucapan Kepada Orang Yang Setara Kedudukannya

Di Jepang, ucapan selamat pagi yang digunakan untuk orang yang setara dengan kita seperti teman, rekan kerja, atau orang-orang yang telah akrab dengan kita, bisa mengucapkan dengan ucapan “Ohayou” saja. Ucapan tersebut lebih simpel dari ucapan kepada orang tua.

Namun, tidak ada salahnya juga jika mengucapkannya dengan lengkap seperti “Ohayou Gozaimasu”. Dan tentunya hal ini akan membuat orang lain yang di sapa akan menganggap kita lebih sopan dan ramah.

3. Ucapan Kepada Anak – Anak

Pengucapan selamat pagi untuk anak-anak atau orang yang lebih muda dari kita, bisa menggunakan dengan ucapan “Ohaa” saja. Tetapi banyak juga yang mengucapkan dengan kata “Ohayou”. Dan kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, yaitu selamat pagi.

Berbeda cerita jika untuk mengajarkan kepada anak atau siswa, biasanya seorang guru akan mengucapkan ohayou gozaimasu agar sekalian dapat mengajarkan kepada anak- anak tentang kesopan santunan dalam menyapa orang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai ucapan selamat pagi dalam bahasa jepang yang sering digunakan oleh budaya orang Jepang. Jadi, kesimpulan kata bahasa jepang untuk ucapan selamat pagi yang paling bagus adalah ohayou gozaimasu. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top