Home » Pengertian Sudut Dan Macam-Macam Sudut

Pengertian Sudut Dan Macam-Macam Sudut

pengertian+sudut+dan+macam+macam+sudut
Pengertian Sudut Dan Macam-Macam Sudut

Pengertian Sudut Dan Macam-Macam Sudut – Apakah kalian pernah memperhatikan jam dinding? Pangkal antara jarum panjang dan jarum pendek membentuk daerah yang dinamakan sudut. Apa itu sudut? Nah, berikut akan dibahas tentang pengertian sudut dan macam-macam sudut.

Pengertian Sudut

Sudut adalah suatu daerah yang dibentuk oleh dua buah ruas garis yang titik pangkalnya saling berpotongan. Besaran sudut dinyatakan dengan simbol derajat (°). Besar sudut terbesar yang dapat dibentuk adalah 360°.

Pengukuran sudut dapat menggunakan penggaris busur derajat. Pada sebuah sudut terdapat unsur-unsur yang dinamakan kaki sudut, titik sudut, dan daerah sudut. Perhatikan gambar sudut di bawah ini.

pengertian+sudut
Pengertian Sudut

Ruas garis AB dan garis AC disebut kaki sudut. Titik A disebut titik sudut. Daerah yang dibatasi oleh kaki sudut AB dan AC (daerah yang diarsir) disebut sudut atau besar sudut.

Macam-Macam Sudut

macam+macam+sudut
Macam-Macam Sudut

Berikut merupakan jenis-jenis sudut berdasarkan besaran nilai sudutnya. Perhatikan gambar di atas agar lebih mudah memahaminya.

1. Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°. Contoh bentuk sudut lancip yaitu sudut terkecil ketika jarum jam menunjukan pukul 01.00.

2. Sudut Siku-Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya tepat 90°. Contoh bentuk sudut siku-siku yaitu ketika jarum jam menunjukan tepat pukul 03.00.

Baca Lainnya :   Materi Pelajaran Matematika SD Kelas 5 Semester 1

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Contoh bentuk sudut tumpul yaitu sudut terkecil ketika jarum jam menunjukan pukul 05.00.

4. Sudut Lurus

Sudut lurus adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya tepat 180°. Contoh bentuk sudut lurus yaitu ketika jarum jam menunjukan tepat pukul 06.00.

5. Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Contoh bentuk sudut refleks yaitu sudut terbesar ketika jarum jam menunjukan pukul 08.00.

6. Sudut Penuh

Sudut penuh adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya tepat 360°. Contoh bentuk sudut penuh yaitu sudut terbesar ketika jarum jam menunjukan pukul 00.00.

Pengukuran Sudut

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengukur sudut dapat menggunakan busur derajat. Langkah-langkah pengukuran sudut menggunakan busur derajat adalah sebagai berikut:

  • Letakkan titik sudut tepat di pusat busur derajat
  • Letakkan alas busur derajat pada salah satu kaki sudut
  • Perhatikan angka pada sisi lengkung busur derajat yang ditunjuk oleh kaki sudut lainnya
  • Angka tersebut menunjukkan besar sudut yang diukur

Contoh Mengukur Sudut

Tentukan besar sudut BAC pada gambar di bawah ini!

Baca Lainnya :   Pengertian Dan Tujuan Pembelajaran Matematika
pengukuran+sudut
Pengukuran Sudut

Langkah-langkah mengukur sudut:

  • Letakkan titik sudut A tepat di pusat busur derajat
  • Letakkan alas busur derajat pada kaki sudut AB
  • Perhatikan angka pada sisi lengkung busur derajat yang ditunjuk oleh kaki sudut AC (70°)
  • Jadi, besar sudut BAC adalah 70°

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sudut dan macam-macam sudut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top