Home » Pendidikan » Macam – Macam Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan

Macam – Macam Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan

macam+macam+gerhana
Macam – Macam Gerhana

Macam – Macam Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan – Gerhana adalah suatu peristiwa alam yang terjadi di luar angkasa dan tidak sering terjadi. Fenomena alam ini hanya terjadi dalam kurun waktu yang lama. Proses terjadinya gerhana ini ditandai oleh posisi bumi, matahari, dan bulan yang terletak pada garis lurus. Sehingga, mengakibatkan permukaan objek yang ditutupi oleh objek yang berda di depannya menjadi gelap sebagian atau keseluruhannya. Hal inilah yang biasa disebut dengan gerhana matahari dan gerhana bulan.

Peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan ini merupakan akibat dari perngaruh revolusi bulan. Bulan yang berputar mengelilingi bumi, akan menempatkan posisinya berada pada suatu garis lurus pada waktu tertentu. Jika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari, maka akan terjadi gerhana matahari. Sedangkan jika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan, maka akan terjadi gerhana bulan.

Cahaya matahari yang terhalang oleh suatu objek, secara otomatis tidak dapat menembus objek tersebut dan menjadikan objek yang di belakangnya tidak dapat merima cahaya dan menjadi gelap. Gelap yang diterima pun beraneka ragam, ada yang hanya sebagain, ada yang berbentuk menyerupai cincin, dan ada juga yang gelap sepenuhnya. Untuk memahami hal itu, berikut telah dirangkum mengenai macam-macam gerhana matahari dan gerhana bulan yang terlihat di bumi.

Macam – Macam Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan

Dari uraikan di atas, bahwa pengaruh dari revolusi bulan dapat mengakibatkan terjadinya gerhana. Dan gerhana yang terjadi adalah gerhana matahari dan gerhana bulan. Dan berikut ini merupakan pembahasan tentnag macam-macam jenis gerhana matahari dan gerhana bulan.

Baca Juga :  Macam - Macam Alat Musik Tradisional Dan Gambarnya

Gerhana Matahari

Pengertian gerhana matahari adalah salah satu peristiwa gerhana yang terjadi pada saat posisi matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis lurus. Di mana posisi bulan berada antara bumi dan matahari. Sehingga cahaya matahari yang menuju bumi akan tertutup oleh bulan dan bayangan bulan tersebut terpapar sampai ke bumi yang mengakibatkan permukaan bumi menjadi gelap.

Berdasarkan posisi bayangan bulan yang ditangkap oleh bumi, gerhana matahari terbagi menjadi empat macam, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari hibrida (campuran). Dan berikut merupakan penjelasan dari jenis-jenis gerhana matahari tersebut.

1. Gerhana Matahari Total

macam+macam+gerhana
Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total merupakan gerhana yang terjadi pada saat cahaya matahari yang menuju bumi sepenuhnya tertutup oleh bulan bayangan bulan. Sehingga apabila kita melihat ke langit, yang terlihat hanyalah matahari telah berubah menjadi bulatan hitam tanpa ada pancaran cahaya sedikit pun yang sampai ke bumi. Ketika itu, bayangan umbra melintas tepat di tengah bulan, sehingga menutup semua cahaya yang seharusnya sampai ke bumi.

2. Gerhana Matahari Sebagian

macam+macam+gerhana
Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian merupakan gerhana yang terjadi saat bayangan dari bulan tidak sepenuhnya menutup permukaan bumi. Hal ini terjadi karena posisi bulan sedikit melenceng dari garis revolusinya. Sehingga hanya bayangan penumbranya saja yang mengenai bumi. Bukan bayangan umbra (bayangan utama) seperti saat terjadi gerhana matahari total.

3. Gerhana Matahari Cincin

macam+macam+gerhana
Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin merupakan gerhana yang terjadi karena jarak bulan sedang berada pada lintasan yang jauh dari bumi. Sehingga ukuran bulan lebih kecil dari ukuran matahari jika dilihat dari bumi. Dengan begitu, bulan tidak mampu menutup seluruh cahaya matahari yang terpancar ke bumi. Sehingga, masih terlihat cahaya di sekeliling bulan ketika terjadi gerhana. Dan akan terlihat lingkaran seperti cincin cahaya dari permukaan matahari yang masih dapat dilihat dari bumi.

Baca Juga :  Bagian - Bagian Lingkaran Dan Penjelasannya

4. Gerhana Matahari Hibrida

macam+macam+gerhana
Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana matahari hibrida merupakan gerhana matahari gabungan yang dapat dilihat dari bumi. Gerhana jenis ini memang jarang sekali terjadi dan hanya akan terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama. Gerhana matahari hibrida adalah gerhana yang bergeser dari gerhana matahari total berubah ke gerhana matahari cincin. Jadi pada titik tertentu daerah di permukaan bumi akan melihat gerhana matahari total dan pada titik daerah yang lain akan melihat gerhana matahari cincin.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi pada saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Di mana bumi berada di posisi tengah, sehingga cahaya matahari yang seharusnya sampai ke bulan akan tertutup oleh bumi. Akibatnya bulan akan menjadi gelap dan tidak menerima cahaya matahari untuk dipantulkan. Pada belahan bumi yang menghadap ke bulan, maka akan melihat bulan berubah menjadi gelap meskipun sedang terjadi purnama. Gerhana bulan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

1. Gerhana Bulan Total

macam+macam+gerhana
Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bumi sepenuhnya menutup permukaan bulan. Sehingga bulan tidak merima sama sekali cahaya matahari untuk dipantulkan ke bumi. Hal itu terjadi karena bulan berada pada bayangan umbra yang dihasilkan oleh pancaran cahaya matahari yang tertutup oleh bumi.

2. Gerhana Bulan Sebagian

macam+macam+gerhana
Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian terjadi pada saat bayangan bumi tidak sepenuhnya menutup permukaan bulan. Sehingga sebagian permukaan bulan masih dapat memantulkan cahaya dari matahari. Hal itu disebabkan oleh sebagian permukaan bulan berada pada bayangan umbra, sedangkan sebagian yang lainnya berada pada bayangan penumbra. Jadi, bagian bulan yang berada pada bayangan penumbra masih tampak pudar dan tidak begitu gelap.

Baca Juga :  Cara Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

3. Gerhana Bulan Penumbra

macam+macam+gerhana
Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra merupakan gerhana yang terjadi saat bulan berada pada bayangan penumbra yang dihasilkan oleh cahaya matahari yang tertutup bumi. Karena hanya berada pada bayangan penumbra, maka permukaan bulan tidak berubah menjadi gelap sempurna, melainkan hanya terlihat samar-samar ketika terlihat dari belahan bumi yang menghadap ke bulan.

Demikianlah penjelasan dari macam-macam gerhana matahari dan gerhana bulan. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top