Home » Pendidikan » Ciri – Ciri Kerucut Dan Rumus Kerucut

Ciri – Ciri Kerucut Dan Rumus Kerucut

ciri+ciri+kerucut
Ciri-Ciri Kerucut

Ciri – Ciri Kerucut Dan Rumus Kerucut – Kerucut adalah bangun ruang yang mempunyai dua buah sisi, yaitu satua alas berbentuk lingkaran dan satu sisi selimut berbentuk juring lingkaran. Kerucut memiliki satu buah titik puncak. Pada kesempatan kali ini akan membahas secara lengkap apa saja ciri-ciri bangun kerucut dan rumus-rumus kerucut.

Kerucut juga dapat dikatakan sebagai limas segi-n tak terhingga. Segi-n tak terhingga yang dimaksud adalah sisi alas lingkaran. Bangun ini tergolong sebagai bangun ruang sisi lengkung seperti halnya tabung dan bola. Karena memiliki sebuah sisi berbentuk lengkungan yang menguncup pada ujungnya dan membentuk titik sudut.

Jika masih bingung dengan bentuk kerucut, perhatikanlah nasi tumpeng yang biasanya digunakan pada acara selamatan. Nasi tumpeng tersebut merupakan salah satu contoh benda berbentu kerucut yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika masih belum paham juga, silahkan simak pembahasan ciri-ciri kerucut dan rumus kerucut berikut ini.

A. Ciri-Ciri Kerucut

Perhaitkan gambar kerucut dan jaring-jaring kerucut di atas, maka kita dapat menentukan karakteristik pada sebuah kerucut. Berikut merupakan ciri-ciri bangun ruang kerucut.

  • Mempunyai 2 buah bidang sisi
  • Mempunyai 1 buah rusuk
  • Mempunyai 1 buah titik sudut
  • Mempunyai jaring-jaring berbentuk lingkaran dan juring lingkaran
  • Mempunyai tinggi, yaitu jarak titik puncak dengan pusat alasnya
  • Mempunyai luas permukaan
  • Mempunyai volume

B. Rumus Kerucut

Setelah mengetahui apa itu kerucut, kita juga perlu tahu perhitungan pada bangun kerucut. Sebagai bangun ruang, kerucut memiliki luas permukaan dan volume yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus matematika.

Baca Lainnya:   Cara Menentukan Kelipatan Dan Faktor Bilangan

1. Luas Permukaan Kerucut

Luas permukaan kerucut adalah luas alas dan luas selimutnya. Untuk menghitungnya, kita dapat membuat jaring-jaring kerucut terlebih dahulu, dimana jaring-jaringnya terdiri dari sebuah lingkaran dan juring lingkaran. Dengan begitu, maka rumus luas permukaan kerucut adalah luas lingkaran ditambah luas juring lingkaran.

Luas lingkaran = π × r²
Luas juring lingkaran = π × r × s
Luas permukaan kerucut = luas lingkaran + luas juring lingkaran

Rumus Luas permukaan kerucut = (π × r²) + (π × r × s)

Keterangan:
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari kerucut
s = garis pelukis kerucut (garis yang diperoleh dari puncak kerucut hingga rusuk kerucut)

2. Volume Kerucut

Setipa bangun ruang mempunyai volume atau isi. Volume kerucut adalah 1/3 volume tabung. Volume tabung itu sendiri adalah luas alas di kali tinggi. Sisi alas kerucut adalah bentuk lingkaran. Sehingga rumus untuk menghitung volume kerucut adalah:

Volume kerucut = 1/3 × luas lingkatan × tinggi
Volume kerucut = 1/3 × π × r² × tinggi

Rumus Volume kerucut = 1/3 × π × r² × t

Keterangan:
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari kerucut
t = tinggi kerucut

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri bangun ruang kerucut beserta rumus luas permukaan dan rumus volume kerucut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top