Home » Pendidikan » Ciri – Ciri Bangun Ruang Bola Dan Rumusnya

Ciri – Ciri Bangun Ruang Bola Dan Rumusnya

Ciri – Ciri Bangun Ruang Bola – Pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai ciri-ciri dari salah satu bangun ruang sisi lengkung yang disebut bola dan rumusnya.

Pasti semua sudah tahu seperti apa bentuk bola. Ya, benda yang bentuknya bulat ini ciri-cirinya dapat dijumpai pada beberapa benda, misalnya bola golf, bola basket, bola voli, dan bola yang dipakai pada pertandingan sepak bola.

ciri+ciri+bangun+ruang+bola
Ciri – Ciri Bangun Ruang Bola

Dalam kehidupan sehari-hari, benda yang memiliki bentuk bola juga dapat dilihat pada kelereng, bola lampu, manik-manik aksesoris wanita, dan lain sebagainya.

Ciri – Ciri Bola

Bola adalah bangun ruang sisi lengkung selain tabung dan kerucut. Bangun ini hanya memiliki sebuah sisi permukaan berbentuk lengkung yang mempunyai satu titik pusat tepat di tengah-tengahnya.

Secara umum, bentuk bangun ruang bola dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

ciri+ciri+bola
Ciri – Ciri Bola

Perhatikan gambar di atas, maka kita dapat menentukan apa saja unsur-unsur bola. Sehingga, didapat kesimpulan ciri-ciri bangun ruang bola adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai jari-jari
  • Mempunyai diameter
  • Mempunyai 1 titik pusat
  • Mempunyai 1 buah sisi lengkung
  • Tidak mempunyai rusuk
  • Tidak mempunyai titik sudut
  • Mempunyai luas permukaan
  • Mempunyai volume

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Bola Mempunyai Satu Titik Pusat

Titik pusat pada bola terletak tepat di tengah-tengah bola. Titik pusat ini memiliki jarak yang sama terhadap sisi permukaan bola.

2. Bola Mempunyai Jari – Jari

Bangun ruang bola merupakan gabungan dari lingkaran yang jumlahnya tak terhingga. Ciri-ciri lingkaran adalah memiliki jari-jari, sehingga bola juga mempunyai jari-jari. Jari-jari bola jumlahnya tak terhingga, tetapi panjangnya selalu sama.

3. Bola Mempunyai Diameter

Diameter bola adalah jarak antar sisi permukaan yang melewati titik pusat. Diameter bola juga merupakan tinggi bangun ruang bola yang panjangnya dua kali ukuran jari-jarinya.

4. Bola Mempunyai Satu Buah Sisi

Bola mempunyai sebuah sisi berbentuk lengkungan tertutup. Sisi bola sebenarnya merupakan titik-titik yang jumlahnya tak terhingga yang saling berdekatan dan memiliki jarak yang sama dengan titik pusat.

5. Bola Tidak Mempunyai Rusuk Dan Titik Sudut

Inilah hal yang menjadi keistimewaan pada bola jika dibandingkan dengan bangun ruang lainnya, yaitu satu-satunya bangun ruang yang tidak memiliki rusuk dan titik sudut.

6. Bola Mempunyai Luas Permukaan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa bola memiliki satu ciri istimewa yaitu hanya memiliki satu buah sisi lengkung yang tertutup. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan luas permukaan bola adalah dengan menggunakan sebuah jeruk dan empat buah lingkaran yang memiliki diameter sama dengan jeruk tersebut.

Pendekatan tersebut menjelaskan bahwa kulit satu buah jeruk dapat menutup empat buah lingkaran dengan diameter yang sama. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rumus untuk menghitung luas permukaan bola adalah 4 kali luas lingkaran.

Rumus Luas Permukaan Bola = 4 × π × r²

π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

7. Bola Mempunyai Volume

Ciri-ciri dari bangun ruang adalah mempunyai volume. Volume adalah kapasitas ruangan yang dapat ditempati. Untuk menentukan volume bola didapat dari sebuah percobaan, bahwa volume ½ bola sama dengan volume 2 buah kerucut dengan jari-jari yang sama dengan bola dan tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola.

Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa volume bola adalah empat kali volume kerucut dengan jari-jari yang sama dan tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola. Sehingga, rumus yang diperoleh sebagai berikut:

Volume Bola = 4 × ⅓ × π × r² × t

Karena tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola, maka rumus volume bola adalah:

Volume Bola = 4 × ⅓ × π × r² × r
Rumus Volume Bola = 4/3 × π × r³

π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri yang dimiliki oleh bangun ruang bola. Semoga bermanfaat dalam mempelajari macam-macam bangun ruang matematika.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top