Home » Pendidikan » Cara Menghitung Pembagian Bersusun Ke Bawah

Cara Menghitung Pembagian Bersusun Ke Bawah

cara+menghitung+pembagian
Cara Menghitung Pembagian

Cara Menghitung Pembagian Bersusun – Terdapat 4 jenis operasi hitung yang ada dalam ilmu matematika, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Jika sebelumnya telah dipelajari cara menghitung perkalian, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana menghitung pembagian dengan cara bersusun ke bawah.

Pembagian adalah salah satu operasi dasar matematika yang merupakan kebalikan dari perkalian. Opersi pembagian disimbolkan dengan tanda titik dua (:). Sebagai contoh, a x b = c, maka c : b = a, atau c : a = c. Nah, salah satu metode yang digunakan untuk menghitung pembagian yaitu dengan porogapit atau pembagian bersusun ke bawah.

Porogapit merupakan cara menghitung operasi pembagian menggunakan garis bantu dengan mengapit angka pembagi dan angka yang dibagi. Meskipun cara ini sedikit panjang, namun hasilnya akurat. Nah, bagi ingin tahu seperti apa cara menyelesaian pembagian dengan porogapit atau susun ke bawah, langsung saja simak pembahasan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal
Hasil pembagian dari 852 : 6 = …

Penyelesaian:
Angka yang dibagi adalah 852
Angka pembaginya adalah 6
Karena angka pembaginya adalah 6, maka kita harus menghafal perkalian 6. Berikut merupakan hasil dari perkalian angka 6

6 x 1 = 6
6 x 2 = 12
6 x 3 = 18
6 x 4 = 24
6 x 5 = 30
6 x 6 = 36
6 x 7 = 42
6 x 8 = 48
6 x 9 = 54

Pembagian di atas akan terlihat seperti gambar di bawah ini jika dikerjakan menggunakan cara pembagian bersusun.

cara+menghitung+pembagian+bersusun
Cara Menghitung Pembagian Bersusun

Karena angka pembaginya terdiri dari satu angka, maka angka yang dibagi juga diambil satu angka dari kiri terlebih dahulu, jadi 852 diambil angka 8 terlebih dahulu. Terkecuali jika angka pembaginya lebih besar, maka dapat langsung mengambil dua angka dari angka yang dibagi.

Baca Lainnya:   Jenis - Jenis Bilangan Pecahan Dan Contohnya

Langkah-langkah menghitung pembagian bersusun ke bawah:

  • Langka pertama adalah melakukan pembagian angka 8 dibagi 6 hasilnya 1, kemudian angka 1 diletakan di atas garis porogapit. Setelah itu, kalikan angka 6 dengan 1, maka hasilnya 6, kemudian diletakan di bawah angka 8.
  • Lakukan pengurangan 8 dengan 6, maka hasilnya 2. Setelah itu, turunkan angka 5 di samping angka 2, maka akan terlihat angka 25.
  • Lakukan seperti langkah pertama, angka 25 dibagi 6 hasilnya 4, kemudian angka 4 diletakan lagi di atas di sebelah angka 1. Setelah itu, kalikan angka 6 dengan 4, maka hasilnya 24, kemudian diletakan di bawah angka 25.
  • Lakukan pengurangan 25 dengan 24, maka hasilnya 1. Setelah itu, turunkan angka 2 di samping angka 1, maka akan terlihat angka 12.
  • Lakukan seperti langkah pertama, angka 12 dibagi 6 hasilnya 2, kemudian angka 2 diletakan lagi di atas di sebelah angka 4. Setelah itu, kalikan angka 6 dengan 2, maka hasilnya 12, kemudian diletakan di bawah angka 12.
  • Lakukan pengurangan 12 dengan 12, maka hasilnya 0. Kita lihat angka yang terletak di atas garis porogapit, itulah hasil dari pembagian dari 852 dibagi 6, yakni 142.
  • Jadi, hasil pembagian dari 852 : 6 = 142.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung pembagian bersusun ke bawah beserta contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published.