Home » Tehnik » Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+genset
Bagian-Bagian Mesin Genset

Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya – Mesin genset adalah mesin yang berfungsi sebagai penghasil energi listrik. Dalam menjalankan fungsinya, mesin genset memiliki bagian-bagian penting di dalamnya.

Secara umum, mesin genset terdiri dari dua bagian utama, yaitu mesin penggerak dan alternator. Bagian mesin penggerak berfungsi sebagai pemutar Alternator. Sedangkan alternator berfungsi sebagai penghasil listrik.

Cara kerja mesin genset sangat sederhana. Dimulai dari bahan yang melakukan proses pembakaran mesin hingga menghasilkan energi mekanik yang memutar bagian alternator. Altenator akan berputar menghasilkan energi listrik. Berikut akan dijelaskan secara lengkap bagian-bagian mesin genset dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya

Mesin genset memiliki beberapa bagian utama untuk melakukan proses kerja nya. Bagian-bagian yang terdapat pada mesin genset adalah sebagai berikut:

1. Mesin Penggerak

Bagian utama pada mesin genset adalah mesin penggerak. Fungsi mesin penggerak pada mesin genset yaitu untuk memutar alternator.

Berdasarkan bahan bakarnya, mesin genset memiliki beberapa jenis mesin penggerak, diantaranya yaitu mesin penggerak diesel, mesin penggerak bensin, mesin penggerak gas, mesin penggerak tenaga tata surya, dan mesin penggerak turbin.

Baca Lainnya :  Jenis-Jenis Baut Dan Fungsinya

2. Alternator

Bagian kedua yang terdapat pada mesin genset adalah alternator. Fungsi alternator pada mesin genset yaitu mengubah energi gerak mekanik menjadi energi listrik. Semakin besar ukuran kawat dan medan magnet pada alternator, maka semakin besar pula kapasitas daya listrik yang dihasilkan.

3. Tangki Bahan Bakar

Setiap mesin genset memiliki tangki bahan bakar yang berfungsi sebagai tempat penampungan bahan bakar. Banyaknya kapasitas bahan bakar yang dapat disimpan pada tangki bahan bakar tergantung dari ukuran mesin genset itu sendiri. Namun, umumnya untuk jenis mesin genset diesel memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar dari pada mesin genset bensin.

4. Rangka Mesin

Pada umumnya, terdapat dua jenis rangka yang digunakan pada mesin genset, yakni rangka terbuka dan rangka tertutup. Fungsi rangka pada mesin genset adalah sebagai tempat dudukan mesin penggerak dan alternator.

Rangka terbuka biasanya digunakan pada jenis mesin genset bensin. Sedangkan untuk rangka tertutup biasanya dipakai pada jenis genset silent untuk meredam suara mesin genset agar tidak berisik.

Baca Lainnya :  Cara Mengatasi Pompa Air Tidak Mau Berputar

5. Kontrol Panel

Kontrol panel pada mesin genset merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat panel-panel penting genset. Seperti tombol starter, switch power, switch breaker, indokator voltase, indikator oli mesin, steker, dan lainnya.

6. AVR Dan Kapasitor

Bagian mesin genset selanjutnya ada AVR dan kapasitor. AVR merupakan kepanjangan dari automatic voltage regulator. Fungsi AVR pada mesin gesnet adalah sebagai pengontrol dan penyetabil frekuensi tegangan arus listrik yang keluar dari alternator. AVR biasanya dipakai pada mesin genset berkapasitas 2500 watt ke atas. Sedangkan untuk genset di bawah 2500 watt, umumnya menggunakan kapasitor sebagai pengontrol tegangan arus listriknya.

7. Exhouse

Exhouse atau knalpot merupakan bagian pada mesin genset yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran. Selain sebagai saluran pembuangan, exhouse juga dapat berfungsi untuk meredam suara mesin penggerak.

Demikianlah informasi mengenai bagian-bagian yang terdapat pada mesin genset dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top