Home » Tehnik » Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup

Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup

cara+mengatasi+genset+diesel+tidak+mau+hidup
Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup

Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup – Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada genset diesel adalah susah dihidupkan. Genset diesel sering mengalami gagal start ketika kondisi mesinnya dingin.

Genset diesel adalah mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar. Masalah genset diesel tidak mau hidup dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu tersimpan dalam waktu yang lama dan tidak pernah dipanasi.

Selain itu, genset diesel yang susah dihidupkan juga dapat disebabkan oleh kerusakan komponen. Sehingga sistem kerja genset mengalami kegagalan. Nah, berikut akan dijelaskan langkah-langkah mengatasi genset diesel yang tidak mau hidup.

Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup

Berikut merupakan beberapa penyebab dari genset diesel tidak mau hidup dan cara mengatasinya.

1. Genset Masuk Angin

Mesin genset diesel menggunakan bahan bakar solar untuk mengoperasikannya. Pada mesin yang menggunakan bahan bakar solar, terdapat istilah yang dinamakan masuk angin. Ketika mesin mengalami masuk angin, maka akan susah dihidupkan.

Untuk mengatasi masuk angin pada saluran bahan bakar genset diesel, caranya cukup mudah. Yaitu dengan melepas selang solar yang berasal dari tangki yang menuju bosh pump. Kemudian biarkan solar mengalir sampai lancar. Setelah itu, pasang kembali selang pada tempat semula.

2. Aki Tekor

Mesin genset diesel umumnya menggunakan elektik starter untuk menghidupkannya. Elektrik starter menggunakan aki sebagai powernya. Ketika aki dalam keadaan tekor (tegangan menurun), maka tidak akan mampu menggerakan elektrik starter.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mata Bor Dan Fungsinya

Cara mengatasi aki yang tekor pada mesin genset, kita harus melakukan charger atau pengisisan aki. Jika setelah dicharger masih tidak mampu menghidupkan genset, maka tandanya aki sudah rusak dan harus diganti.

3. Injektor Macet

Genset diesel yang jarang dinyalakan, biasanya komponen injektor akan mengalami macet tidak dapat mengkabutkan bahan bakar. Komponen injektor terdiri dari bosh pump, hpp dan nozzle. Ketika injektor macet, maka periksalah ketika komponen tersebut.

Untuk mengatasi injektor mesin diesel yang macet, mulailah dengan mengecek kondisi bosh pump. Periksa apakah bosh pump masih bekerja dengan baik. Kemudian periksa kondisi nozzle apakah mampet atau tidak. Sebaiknya bersihkan kedua komponen tersebut hingga mampu mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna.

4. Kompresi Lemah

Penyebab lainnya dari genset diesel tidak mau hidup yaitu kompresi mesin lemah. Sehingga, tidak mampu untuk melakukan pembakaran dengan sempurna.

Setidaknya terdapat tiga faktor yang menyebabkan kompresi mesein menjadi lemah, yaitu kondisi boring, ring piston, dan packing head. Ketika terjadi kompresi mesin melemah, periksalah satu per satu bagian tersebut.

Jika salah satu komponen tersebut telah mengalami aus atau rusak, maka sebaiknya gantilah komponen yang rusak tersebut agar kompresi mesin menjadi maksimal kembali.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi genset diesel tidak mau hidup. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top