Home » Pendidikan » Sifat – Sifat Kubus Beserta Gambarnya

Sifat – Sifat Kubus Beserta Gambarnya

sifat+sifat+kubus
Sifat – Sifat Kubus

Sifat – Sifat Kubus Berserta Gambarnya – Setelah sebelumnya membahas tentang pengertian dan rumus-rumus kubus, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang sifat-sifat dari bangun kubus yang dilengkapi beserta gambarnya agar lebih mudah dalam memahaminya.

Kubus itu sendiri merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi kongruen berbentuk bujur sangkar. Secara garis besar, sebuah kubus mempunyai 12 rusuk, 6 bidang sisi, 8 titik sudut, dan 12 bidang diagonal.

Nah, bagi yang masih bingung dalam memahami bangun kubus, silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai kubus dan gambarnya agar dapat membedakan antara kubus dan balok serta bangun-bangun ruang lainnya.

Memahami Kubus Dari Gambarnya

Silahkan perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini!

gambar+kubus
Gambar Kubus

Dengan melihat gambar kubus ABCD.EFGH di atas, maka akan lebih mudah dalam memahami definisi sebuah kubus dengan benar. Dan berikut merupakan kesimpulan yang diperoleh bahwa kubus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :

1. Sisi kubus berbentuk persegi

Kubus mempunyai bidang sisi 6 buah. Jika melihat gambar kubus di atas, maka sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE memiliki bentuk persegi dengan ukuran yang sama.

2. Rusuk kubus memiliki ukuran sama panjang

Kubus mempunyai 12 buah rusuk. Rusuk-rusuk pada kubus ABCD.EFGH di atas adalah garis AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE yang semuanya memiliki ukuran yang sama panjang.

Baca Juga :  Macam - Macam Gaya Dan Contohnya

3. Diagonal bidang kubus memiliki ukuran sama panjang

Setiap bidang sisi kubus memiliki dua diagonal sisi yang sama panjang, sehingga sebuah kubus mempunyai diagonal bidang sebanyak 12 buah. Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di atas, diagonal-diagonal bidang kubus tersebut ditunjukan oleh garis AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan FH yang semuanya memiliki ukuran sama panjang.

4. Diagonal ruang kubus memiliki ukuran sama panjang

Kubus mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah. Pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas, diagonal ruang ditunjukan oleh garis HB, DF, AG, dan CE yang semuanya memiliki ukuran sama panjang.

5. Bidang diagonal kubus memiliki bentuk persegi panjang

Kubus mempunyai 6 buah bidang diagonal. Pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas, bidang diagonal ditunjukan oleh bidang ACGE, BCHE, CDEF, ADGF, ABGH, dan BDHF yang semuanya memiliki bentuk persegi panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai sifat-sifat kubus beserta gambarnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top