Home » Sifat-Sifat Kubus Beserta Gambarnya

Sifat-Sifat Kubus Beserta Gambarnya

sifat+sifat+kubus
Sifat-Sifat Kubus

Sifat-Sifat Kubus Berserta Gambarnya – Sebelumnya telah dibahas pengertian kubus, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang apa saja sifat-sifat kubus beserta gambarnya agar lebih mudah memahaminya.

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi sama besar, 12 rusuk sama panjang, dan 8 titik sudut. Kubus memiliki volume dan luas permukaan yang dapat dihitung dengan rumus kubus.

Nah, bagi yang belum tahu seperti apa bentuk kubus, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun ruang kubus beserta gambarnya.

Sifat-Sifat Kubus Beserta Gambarnya

sifat+sifat+kubus
Gambar Kubus

Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di atas! Dengan melihat gambar tersebut, maka akan lebih mudah dalam memahami karakteristik atau ciri-ciri kubus. Berikut adalah sifat-sifat kubus, diantaranya yaitu:

  • Memiliki 6 sisi berbentuk persegi
  • Memiliki 12 rusuk sama panjang
  • Memiliki 8 titik sudut
  • Memiliki 12 diagonal bidang sama panjang
  • Memiliki 4 diagonal ruang sama panjang
  • Memiliki 6 bidang diagonal berbentuk persegi panjang

1. Memiliki 6 Sisi Berbentuk Persegi

Kubus mempunyai bidang sisi 6 buah. Perhatikan gambar kubus di atas, sisi kubus ditunjukan oleh sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE yang semuanya berbentuk persegi dengan ukuran yang sama.

2. Memiliki 12 Rusuk Sama Panjang

Kubus mempunyai 12 buah rusuk. Rusuk-rusuk pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah garis AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE yang semuanya memiliki ukuran yang sama panjang.

Baca Lainnya :   Cara Mengubah Bentuk Persen Menjadi Derajat

3. Memiliki 8 Titik Sudut

Titik sudut merupakan titik pertemuan antara tiga rusuk. Kubus memiliki 8 titik sudut. Pada gambar di atas, titik sudut kubus adalah titik A, B, C, D, E, F, G, dan H.

4. Memiliki 12 Diagonal Bidang Sama Panjang

Kubus memiliki 6 sisi. Setiap bidang sisinya memiliki dua garis diagonal yang sama panjang. Dengan begitu, jumlah seluruh diagonal bidang kubus adalah 12 buah.

Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di atas, diagonal-diagonal bidang kubus ditunjukan oleh garis AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan FH yang semuanya memiliki ukuran sama panjang.

5. Memiliki 4 Diagonal Ruang Sama Panjang

Kubus mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah. Pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas, diagonal ruang ditunjukan oleh garis HB, DF, AG, dan CE yang semuanya memiliki ukuran sama panjang.

6. Memiliki 6 Bidang Diagonal Bentuk Persegi Panjang

Kubus mempunyai 6 buah bidang diagonal. Pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas, bidang diagonal ditunjukan oleh bidang ACGE, BCHE, CDEF, ADGF, ABGH, dan BDHF yang semuanya memiliki bentuk persegi panjang.

Rumus Kubus

Sebagai bangun ruang, kubus memiliki perhitungan volume dan luas permukaan. Berikut akan dijelaskan rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung volume dan luas permukaan kubus beserta contoh soalnya.

A. Rumus Volume Kubus

Volume kubus adalah seberapa besar ruangan di dalam kubus yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Rumus untuk menghitung volume kubus adalah:

Baca Lainnya :   Hubungan Antara Jarak, Kecepatan, Dan Waktu
V = s x s x s

Keterangan:
V = volume kubus
s = rusuk kubus

Contoh Soal

Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 5 cm. Berapakah volumenya?

Penyelesaian:
V = s x s x s
V = 5 x 5 x 5
V = 125 cm³

B. Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan kubus merupakan jumlah seluruh luas bidang sisi kubus. Rumus untuk menghitung luas permukaan kubus adalah:

L = 6 x s x s

Keterangan:
L = luas permukaan kubus
s = rusuk kubus

Contoh Soal

Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 10 cm. Berapakah luas permukaan kubus?

Penyelesaian:
L = 6 x s x s
L = 6 x 10 x 10
L = 600 cm²

Demikianlah pembahasan mengenai sifat-sifat kubus beserta gambar dan rumusnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top