Home » Sifat-Sifat Bola Dan Rumusnya

Sifat-Sifat Bola Dan Rumusnya

sifat+sifat+bola
Sifat-Sifat Bola

Sifat-Sifat Bola Dan Rumusnya – Bola merupakan salah satu jenis bangun ruang sisi lengkung. Ada berapa banyak sisi bola? Apakah bola memiliki titik pusat dan titik sudut? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai apa saja sifat-sifat bola dan rumusnya.

Bola adalah bangun ruang yang memiliki satu buah sisi berbentuk lengkungan yang berjarak sama pada satu titik pusat. Secara umum, sifat-sifat bangun ruang bola yaitu memiliki 1 sisi, memiliki 1 titik pusat, dan tidak memiliki rusuk dan titik sudut.

Bangun ruang bola memiliki volume dan luas permukaan. Volume dan luas permukaan bola dapat dihitung dengan rumus bola. Untuk lebih jelasnya, simak simak pembahasan berikut ini mengenai sifat-sifat bola dan rumusnya.

Sifat-Sifat Bola Dan Rumusnya

Perhatikan gambar bangun ruang bola di bawah ini!

sifat+sifat+bola
Bola

Dari gambar di atas, maka memudahkan kita dalam mengenali seperti apa bentuk bola. Berikut merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun ruang bola:

  • Memiliki 1 sisi
  • Memiliki 1 titik pusat
  • Tidak memiliki rusuk
  • Tidak memiliki titik sudut

1. Memiliki 1 Sisi

Bola mempunyai sebuah sisi berbentuk lengkungan tertutup. Sisi bola sebenarnya merupakan titik-titik yang jumlahnya tak terhingga yang saling berdekatan dan memiliki jarak yang sama dengan sebuah titik pusat.

2. Memiliki 1 Titik Pusat

Titik pusat bola merupakan sebuah titik yang terletak tepat di tengah-tengah ruangan bola. Jarak titik pusat bola dengan sisi bola mana saja adalah sama. Jarak titik pusat bola dengan sisi bola dinamakan jari-jari bola. Pada gambar di atas, titik pusat bola ditunjukan oleh O, sedangkan jari-jari bola yaitu garis OP.

Baca Lainnya :   Segitiga Sama Sisi: Sifat, Rumus, dan Contoh Soal

3. Tidak Mempunyai Titik Sudut Dan Rusuk

Berbeda dengan bangun ruang lainnya, bola merupakan bangun ruang istimewa yang hanya tidak mempunyai rusuk dan titik sudut.

Rumus Bola

Setiap bangun ruang memiliki luas permukaan dan volume. Berikut merupakan penjelasan mengenai rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung luas permukaan dan volume bola.

A. Rumus Luas Permukaan Bola

Luas permukaan bola adalah jumlah seluruh luas sisi bangun ruang bola. Rumus untuk menghitung luas permukaan bola adalah:

L = 4 x π x r²

Keterangan:
L = luas permukaan bola
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

Contoh Soal

Berapakah luas permukaan bola yang memiliki ukuran jari-jari 10 cm?

Penyelesaian:
L = 4 x π x r²
L = 4 x 3,14 x 10²
L = 4 x 314
L = 1.256 cm².

B. Rumus Volume Bola

Volume bola adalah seberapa besar ruangan di dalam bola yang dibatasi oleh sisinya. Volume bola dapat dihitung dengan rumus:

V = 4/3 x π x r³

Keterangan:
V = volume bola
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari bola

Contoh Soal

Berapakah volume bola dengan jari-jari 7 cm?

Penyelesaian:
V = 4/3 x π x r³
V = 4/3 x 22/7 x 7³
V = 4/3 x 1.078
V = 1.437,33 cm³.

Demikianlah pembahasan mengenai sifat-sifat bola dan rumusnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top