Home » Pendidikan » Cara Mencari KPK Dan Contoh Soal

Cara Mencari KPK Dan Contoh Soal

cara+mencari+kpk
Cara Mencari KPK

Cara Mencari KPK Dan Contoh Soal – Pada pelajaran matematika terdapat materi tentang KPK. KPK merupakan singkatan dari Kelipatan Persekutuan terKecil. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencari KPK beserta contoh soal pembahasannya.

Dalam mencari KPK, kita perlu mengetahui atau itu faktorisasi prima. Faktorisasi prima merupakan penguraian bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima. Untuk melakukan faktorisasi prima, kita dapat menggunakan pohon faktor.

Untuk mencari KPK pada dua atau tiga bilangan, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan. Diantarnya yaitu menggunakan metode kelipatan, faktorisasi prima atau pohon faktor dan metode tabel. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Mencari KPK Dan Contoh Soal

A. Metode Kelipatan

Kelipatan merupakan deret bilangan yang diperoleh dengan cara menambahkan bilangan itu sendiri, atau mengalikan bilangan tersebut dengan 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Untuk menentukan KPK menggunakan metode kelipatan, caranya yaitu mencari kelipatan dari masing-masing bilangan, kemudian cari kelipatan yang sama yang paling kecil.

Contoh Soal:
Tentukan KPK dari 3 dan 5!

Penyelesaian:
Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, …
Kelipatan 5 = 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, …
Kelipatan yang sama dari dua bilangan adalah 15, 30 dan yang paling kecil adalah 15
Jadi, KPK dari 3 dan 5 adalah 15

Baca Lainnya:   Cara Menghitung Perbandingan 3 Angka

B. Faktorisasi Prima/Pohon Faktor

Untuk mencari KPK menggunakan faktorisasi prima, caranya yaitu dengan menguraikan masing-masing bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima dengan menggunakan pohon faktor. Kemudian mengkalikan seluruh faktor-faktor persekutuannya. Jika ada bilangan yang sama, ambil bilangan dengan pangkat terbesar.

Contoh Soal:
Tentukan KPK dari 6 dan 8!

Penyelesaian:

faktorisasi+prima
Faktorisasi Prima

Faktorisasi prima dari 6 = 2 x 3
Faktorisasi prima dari 8 = 2 x 2 x 2 = 2³
KPK dari 6 dan 8 = 2³ x 3 = 24
Jadi, KPK dari 6 dan 8 adalah 24

C. Menggunakan Tabel

Untuk mencari KPK menggunakan tabel, caranya yaitu dengan melakukan pembagian pada masing-masing bilangan dengan bilangan prima sampai tidak dapat dibagi lagi. Kemudian kalikan semua faktor pembaginya.

Contoh Soal:
Tentukan KPK dari 12 dan 18!

Penyelesaian:

:1218
269
23
313
31

KPK dari 12 dan 18 = 2 x 2 x 3 x 3 = 36
Jadi, KPK dari 12 dan 18 adalah 36

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari KPK menggunakan metode kelipatan, faktorisasi prima, dan menggunakan tabel. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top