Home » Matematika » Cara Mencari FPB Dan Contoh Soal

Cara Mencari FPB Dan Contoh Soal

cara+mencari+fpb
Cara Mencari FPB

Cara Mencari FPB Dan Contoh Soal – Salah satu materi pelajaran matematika yaitu FPB. FPB merupakan singkatan dari Faktor Persekutuan terBesar. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencari FPB beserta contoh soal pembahasannya.

Dalam menentukan FPB, kita perlu mengetahui atau itu faktorisasi prima. Faktorisasi prima merupakan penguraian bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima. Untuk melakukan faktorisasi prima, kita dapat menggunakan pohon faktor.

Untuk mencari FPB pada dua atau tiga bilangan, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan. Diantarnya yaitu menggunakan metode faktor bilangan, faktorisasi prima atau pohon faktor dan metode tabel. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Mencari FPB Dan Contoh Soal

A. Metode Faktor Bilangan

Faktor bilangan merupakan suatu bilangan yang membagi bilangan lain sehingga menghasilkan bilangan asli. Secara singkat, faktor adalah pembagi habis dari suatu bilangan. Untuk menentukan FPB menggunakan metode faktor bilagan, caranya yaitu mencari faktor dari masing-masing bilangan, kemudian ambil faktor bilangan terbesarnya.

Baca Lainnya :  Rumus Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal

Contoh Soal:
Tentukan FPB dari 24 dan 30!

Penyelesaian:
Faktor dari 24 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24
Faktor dari 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
Faktor persekutuan dari 24 dan 30 adalah 1, 2, 3, 6 dan yang paling besar adalah 6
Jadi, FPB dari 24 dan 30 adalah 6

B. Faktorisasi Prima/Pohon Faktor

Untuk mencari FPB menggunakan faktorisasi prima, caranya yaitu dengan menguraikan masing-masing bilangan menjadi perkalian faktor-faktor prima dengan menggunakan pohon faktor. Kemudian mengkalikan bilangan faktor yang sama dengan pangkat terkecil.

Contoh Soal:
Berapa FPB dari 35 dan 40?

Penyelesaian:

pohon+faktor
Pohon Faktor

Faktorisasi prima dari 35 = 5 x 7
Faktorisasi prima dari 40 = 2 x 2 x 2 x 5 = 2³ x 5
FPB dari 35 dan 40 = 5
Jadi, FPB dari 35 dan 40 adalah 5

Baca Lainnya :  Layang-Layang: Sifat, Rumus Luas Dan Keliling, Contoh Soal

C. Menggunakan Tabel

Untuk mencari FPB menggunakan tabel, caranya yaitu dengan melakukan pembagian pada masing-masing bilangan dengan bilangan prima sampai tidak dapat dibagi lagi. Kemudian kalikan faktor pembagi yang dapat membagi habis masing-masing bilangan.

Contoh Soal:
Tentukan FPB dari 12 dan 18!

Penyelesaian:

:1218
269
23
313
31

FPB dari 12 dan 18 = 2 x 3 = 6
Jadi, FPB dari 12 dan 18 adalah 6

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari FPB menggunakan metode faktor bilangan, faktorisasi prima, dan menggunakan tabel. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top