Home » Pendidikan » Penyajian Data Statistik Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram

Penyajian Data Statistik Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram

penyajian+data+dalam+bentuk+tabel+dan+diagram
Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram

Penyajian Data Statistik Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram – Penyajian data merupakan suatu kegiatan pembuatan laporan dalam tampilan yang sistematis untuk keperluan penganalisisan, sehingga mampu memberikan informasi yang bermakna dan mudah dipahami.

Untuk menghasilkan gambaran data yang komunikatif dan informatif, maka diperlukan adanya penelitian dan pengumpulan data untuk memperoleh tujuan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Bentuk penyajian data statistik dibedakan menjadi dua, yaitu dalam bentuk tabel dan bentuk diagram.

Bentuk – Bentuk Penyajian Data Dan Gambarnya

Data Dalam Bentuk Tabel

Penyajian data dengan tabel sering dijumpai di sekolah dan kantor-kantor dinas untuk pengelompokan suatu data. Tujuan dari penyajian data dalam bentuk tabel adalah untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai jumlah secara rinci, sehingga memudahkan dalam melakukan analisis terhadap suatu data yang disajikan.
Berdasarkan tujuan dan kebutuhannya, ada bermacam-macam jenis penyajian data dalam bentuk tabel, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Tabel Baris Kolom

Tabel baris kolom adalah bentuk penyajian data yang terdiri dari baris dan kolom. Tabel baris dan kolom ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu tabel satu arah, dua arah, dan tiga arah.

a. Tabel Satu Arah

adalah tabel yang berisi suatu sajian data mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. Tabel ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana. Misalnya tabel tentang top brand index smarthphone berikut ini.

SmartphoneTop Brand Index
Xiaomi41.5 %
Samsung33.2 %
iphone25.7 %
Oppo24.9 %
Nokia14.3 %
Gambar Tabel Satu Arah

b. Tabel Dua Arah

Baca Juga :  Tehnik Dan Cara Menggambar Ragam Hias

adalah tabel yang berisi suatu sajian data menganai hubungan antara dua hal atau dua karakteristik yang berbeda. Misalnya tabel data penjualan dan market share perusahaan laptop berikut ini.

PerusahaanUnit (Juta)Market Share
Acer68.725.2 %
Asus47.215.3 %
Hp20.88.7 %
Lenovo18.37.2 %
Apple12.95.6 %
Sonny9.13.4 %
Gambar Tabel Dua Arah

c. Tabel Tiga Arah

adalah tabel yang berisi suatu sajian data mengenai hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik yang berbeda. Misalnya tabel data penjualan barang-barang ekspor impor berikut ini.

penyajian+data+dalam+bentuk+tabel
Gambar Tabel Tiga Arah

2. Tabel Kontingensi

Tabel kontingensi merupakan bagian dari tabel baris kolom, namun tabel ini digunakan untuk menyajikan suatu data yang memiliki lebih dari satu kategori atau pengelompokan. Misalnya suatu data yang menyajikan dua faktor, faktor yang satu terdiri atas kategori A dan faktor yang kedua terdiri atas kategori B. Sehingga dapat dibuat daftar kontingensi dengan A menyatakan baris dan B menyatakan kolom.

penyajian+data+dalam+bentuk+tabel+kontingensi
Gambar Tabel Kontingensi

3. Tabel Silang

Tabel silang adalah bentuk penyajian data yang dapat memberikan informasi mengenai dua hal atau lebih yang berkaitan antara yang satu dengan lainnya. Misalnya data hasil penelitian yang berupa perhitungan frekuensi dan prosentase jumlah karyawan.

Tabel silang dapat terdiri dari satu faktor atau pun dua faktor tergantung dari suatu data yang akan dideskripsikan. Dengan begitu, penyajian data pada tabel silang satu atau dua faktor tergantung dari data yang diperoleh.

penyajian+data+dalam+bentuk+tabel+silang
Gambar Tabel Silang

4. Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel distribusi frekuensi adalah bentuk tebel yang digunakan untuk menyajikan data yang dikelompokkan dalam suatu interval. Setiap nilai interval mempunyai frekuensi atau banyaknya data. Tabel distribusi frekuensi dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Distribusi frekuensi numerikal, merupakan pembagian kelas-kelasnya dinyatakan dalam bentuk angka-angka atau secara kuantitatif.

Baca Juga :  Contoh Benda Berbentuk Segi Empat

b.Distribusi frekuensi kategorikal, merupakan pembagian kelas-kelasnya dinyatakan berdasarkan penggolongan data yang dilakukan secara kualitatif.

penyajian+data+dalam+bentuk+tabel+distribusi+frekuensi
Gambar Tabel Distribusi Frekuensi

Data Dalam Bentuk Diagram

Selain dalam bentuk tabel, penyajian data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram. Penyajian data dalam bentuk diagram sering dijumpai dalam bidang ekonomi atau perbankan. Biasanya berisi tentang perkembangan suatu bisnis atau perbandingan kurs mata uang.

Diagram itu sendiri merupakan gambar yang digunakan untuk menyajikan data secara visual. Dalam penyajiannya, bentuk diagram masih memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat memberikan gambaran data secara mendetail. Namun, penyajian data dalam bentuk diagram biasanya lebih menarik dari pada penyajian data dalam bentuk tabel. Bentuk diagram yang sering digunakan diantaranya adalah diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.

1. Diagram Garis

Diagaram garis adalah penyajian data dalam bentuk garis yang menggambarkan perkembangan dan perubahan suatu keadaan. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data berdasarkan pengamatan suatu data yang berkelanjutan dari waktu ke waktu secara berurutan.

penyajian+data+dalam+bentuk+diagram+garis
Gambar Diagram Garis

2. Diagram Batang

Diagram batang adalah penyajian data dalam bentuk persegi panjang tegak atau persegi panjang mendatar. Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan perkembangan data dari suatu obyek tertentu yang dapat dikategorikan. Ada dua jenis diagram batang, yaitu :

a. Diagram Batang Tegak

penyajian+data+dalam+bentuk+diagram+batang+tegak
Gambar Diagram Batang Tegak

b. Diagram Batang Mendatar

penyajian+data+dalam+bentuk+diagram
Gambar Diagram Batang Mendatar

3. Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah bentuk penyajian data berupa gambaran grafik informasi kuantitatif menggunakan lingkaran yang terbagi menjadi juring-juring sesuai kebutuhan yang disajikan. Fungsi utama dari diagram lingkaran ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara suatu data dengan data keseluruhan yang biasanya dinyatakan dalam persen.

penyajian+data+dalam+bentuk+diagram+lingkaran
Gambar Diagram Lingkaran

Demikianlah pembahasan mengenai penyajian data statistik dalam bentuk tabel dan diagram. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Contoh Benda Berbentuk Bulat Dan Bundar

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top