Home » Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal

Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal
Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal

Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal – Ada beberapa jenis bilangan pecahan, diantaranya yaitu pecahan biasa dan desimal. Setiap jenis pecahan dapat diubah ke jenis yang lain. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke desimal beserta contoh soalnya.

Pecahan adalah bilangan yang menujukkan perbandingan dalam bentuk a/b. Sedangkan desimal merupakan jenis pecahan dalam bentuk persepuluh, perseratus, perseribu, dan seterusnya yang ditulis dengan tanda koma (,). Kedua jenis pecahan tersebut dapat diubah dan nilainya tetap sama.

Untuk mengubah pecahan biasa ke desimal, sebenarnya sangat mudah. Kita hanya mengubah pecahan menjadi persepuluh, perseratus, perseribu, dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengubah pecahan biasa ke desmial, caranya adalah dengan mengubah penyebut pecahan menjadi persepeluh, perseratus, perseribu, dan seterusnya.

Jika pecahan yang akan diubah dalam bentuk pecahan campuran, maka kita harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Setelah itu, barulah diubah menjadi desimal. Sebagai contoh, pecahan 1/2 jika diubah menjadi desimal, maka hasilnya adalah 1/2 = 5/10 = 0,5.

Dalam mengubah pecahan biasa ke desimal, terdapat dua cara yang dapat digunakan, yaitu:

  • Membagi pembilang dengan penyebut
  • Mengubah penyebut menjadi 10, 100, 1000, dan seterusnya

A. Membagi Pembilang Dengan Penyebut

Dalam melakukan pembagian antara pembilang dan penyebut pecahan untuk mengubah ke bentuk desimal, caranya yaitu dengan metode pembagian porogapit.

Baca Lainnya :  Rumus Persegi Lengkap Dengan Contoh Soal

Pecahan Biasa Ke Desimal

Jika pembilang lebih kecil dari pada penyebut, maka kita harus menambahkan 0 di belakang pembilang, kemudian menggeser koma pada hasil pembagian. Perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal

1. Ubahlah pecahan 1/4 ke bentuk desimal!

Penyelesaian:

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal

Jadi, pecahan 1/4 jika diubah ke desimal adalah 0,25.

2. Ubahlah pecahan 1/3 ke bentuk desimal!

Penyelesaian:

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal

Karena hasil pembagian memiliki banyak angka di belakang koma, maka dapat dibulatkan menjadi 2 angka saja di belakang koma. Sehinga hasilnya 0,33.
Jadi, pecahan 1/3 jika diubah ke desimal adalah 0,33.

Pecahan Campuran Ke Desimal

Untuk mengubah pecahan campuran ke desimal, maka kita harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal

Ubahlah pecahan 1 2/3 ke bentuk desimal!

Penyelesaian:
Langkah pertama: mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
= 1 2/3
= (3 x 1 + 2) /3
= 5/3

Langkah kedua: membagi pembilang dengan penyebut

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal

Karena hasil pembagian memiliki banyak angka di belakang koma, maka dibulatkan menjadi 2 angka saja di belakang koma. Sehinga menjadi 1,67.
Jadi, pecahan 1 2/3 jika diubah ke desimal adalah 1,67.

B. Mengubah Penyebut Menjadi 10, 100, 1000, Dan Seterusnya

Cara yang kedua untuk mengubah pecahan ke desimal adalah dengan mengubah penyebut pecahan menjadi 10, 100, 1000, dan seterusnya. Lakukan mengubah penyebut pecahan mulai dari 10. Jika tidak bisa, lanjutkan dengan 100, 1000, dan seterusnya. Perhatikan contoh soal berikut ini!

Baca Lainnya :  Bilangan Rasional: Pengertian, Contoh & Cara Membuktikan

Contoh Soal

1. Ubahlah pecahan 1/2 ke bentuk desimal!

Penyelesaian:
Karena penyebutnya dapat diubah ke 10, maka kita ubah penyebut pecahan menjadi 10. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal

Karena penyebutnya 10, kita hanya perlu meletakan tanda koma pada pembilangnya satu langkah dari belakang. Sehingga, 5 menjadi 0,5
Jadi, pecahan 1/2 jika diubah ke desimal adalah 0,5.

2. Ubahlah pecahan 1/8 ke bentuk desimal!

Penyelesaian:
Perhatikan penyebut pecahan! Karena 8 tidak dapat diubah ke 10 dan 100, maka kita ubah penyebut pecahan menjadi 1000. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

cara+mengubah+pecahan+ke+desimal

Karena penyebutnya menjadi 1000, kita hanya perlu meletakan tanda koma pada pembilangnya tiga langkah dari belakang. Sehingga, 125 menjadi 0,125.
Jadi, pecahan 1/8 jika diubah ke desimal adalah 0,125.

Bagaiman, sudah bisa sekarang kan? Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah pecahan menjadi desimal beserta contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top