Home » Pendidikan » Jenis – Jenis Sudut Berdasarkan Nilainya

Jenis – Jenis Sudut Berdasarkan Nilainya

jenis+jenis+sudut
Jenis – Jenis Sudut

Jenis – Jenis Sudut Berdasarkan Nilainya – Dalam pelajaran matematika, terdapat materi tentang sudut. Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis yang ujungnya saling berimpit menuju satu titik (vertex). Sudut memiliki beberapa macam jenis. Diantara yaitu sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul, sudut lurus, dan sudut reflek, dan sudut penuh.

Penulisan sudut disimbolkan dengan tanda ∠. Jika sebuah sudut dibentuk oleh garis AB dan BC dan bertemu di titik B, maka sudut tersebut dinamakan ∠ABC. Sedangkan garis-garis pembentuk sudut dinamakan kaki sudut. Dalam hal ini, garis AB dan Garis BC merupakan kaki sudut pada ∠ABC.

gambar+sudut+abc
Gamabr Sudut ABC

Satuan besaran nilai sudut adalah derajat (º). Jadi, jika sebuah sudut yang dituliskan dengan ∠ABC = 60º, maka artinya sudut ABC besarnya adalah 60 derajat. Besaran sudut dapat diukur dengan menggunakan busur derajat. Busur derajat adalah penggaris berbentuk setengah lingkaran yang memiliki satuan derajat.

Jenis – Jenis Sudut Dan Nilainya

Berdasarkan nilainya, sudut terbagi menjadi 6 macam. Berikut adalah jenis-jenis sudut dan nilainya beserta gambar dan penjelasannya.

1. Sudut Lancip

gambar+sudut+lancip
Gambar Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sebuah sudut yang besarnya kurang dari 90°. Jika sudut lancip dituliskan dengan huruf x, maka besar sudutnya adalah 0° < x < 90º. Contoh sudut lancip dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan tepat pukul 1 atau pukul 2.

2. Sudut Siku-Siku

gambar+sudut+siku+siku
Gambar Sudut Siku – Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya tepat 90°. Kaki sudut pada sudut siku-siku membentuk garis tegak lurus. Contoh sudut siku-siku dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan tepat pukul 3 dan pukul 9.

3. Sudut Tumpul

gambar+sudut+tumpul
Gambar Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sebuah sudut yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Jika sudut tumpul dituliskan dengan huruf x, maka besar sudutnya adalah 90° < x < 180º. Contoh sudut tumpul dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan tepat pukul 4 atau pukul 5.

4. Sudut Lurus

gambar+sudut+lurus
Gambar Sudut Lurus

Sudut lurus adalah sudut yang besarnya tepat 180°. Kaki sudut pada sudut lurus membentuk sebuah garis lurus. Contoh sudut lurus dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan tepat pukul 6.

5. Sudut Refleks

gambar+sudut+refleks
Gambar Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sebuah sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Jika sudut refleks dituliskan dengan huruf x, maka besar sudutnya adalah 180° < x < 360º. Contoh sudut refleks dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan pukul 7 atau pukul 8 pada daerah yang ada di sebelah kanannya.

6. Sudut Penuh

gambar+sudut+penuh
Gambar Sudut Penuh

Sudut penuh adalah sudut yang besarnya tepat 360°. Kaki sudut pada sudut penuh terlihat membentuk sebuah garis yang bertumpuk. Contoh sudut penuh dapat dilihat pada jarum jam ketika menunjukan tepat pukul 12.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis sudut berdasarkan nilanya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top