Home » Pendidikan » Jaring – Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, dan Segi Enam

Jaring – Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, dan Segi Enam

jaring+jaring+limas
Jaring – Jaring Limas

Jaring – Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, dan Segi Enam – Jika sebelumnya telah dibahas tentang jaring-jaring prisma, maka pembahasan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas tentang jaring-jaring limas beserta gambarnya.

Limas adalah bangun ruang yang dibentuk oleh bidang sisi alas segi-n dan sisi lainnya yang berbentuk segitiga yang ujungnya saling berhimpit pada sebuah titik puncak. Limas memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, dan limas segi enam.

Setiap bangun ruang mempunyai jaring-jaring penyusunnya. Seperti halnya bangun limas, jaring-jaring limas dapat diperoleh dengan cara membelah pada beberapa rusuknya hingga bangun limas tersebut dapat direbahkan pada suatu bidang datar.

Jika sebuah limas dibuka, maka akan didapat sebuah jaring-jaring yang terdiri dari satu buah bangun datar segi-n dan beberapa sisi tegak limas yang berbentuk segitiga. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini mengenai pola jaring-jaring limas segitiga, segi empat, segi lima, dan segi enam beserta gambarnya.

A. Jaring – Jaring Limas Segitiga

Limas segitiga adalah limas yang memiliki bidang sisi alas berbentuk segitiga, dapat berupa segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga siku-siku. Limas segitiga memiliki sisi selimut yang juga berbentuk segitiga.

Jika sebuah limas segitiga dibuka, maka akan diperoleh jaring-jaring limas segitiga yang terdiri dari 4 buah bangun datar segitiga. Di bawah ini merupakan salah satu contoh bentuk pola jaring-jaring limas segitiga.

jaring+jaring+limas+segitiga
Jaring – Jaring Limas Segitiga

B. Jaring – Jaring Limas Segi Empat

Limas segi empat adalah limas yang memiliki bidang sisi alas berbentuk segi empat, baik persegi, persegi panjang, jajaran genjang, trapesium, belah ketupat, ataupun layang-layang. Meskipun bentuk alasnya dapat berbeda-beda, namun limas segi empat ini memiliki sisi selimut yang selalau berbentuk segitiga.

Info Lainnya:  Rumus Kubus Lengkap Dan Contoh Soal Pembahasan

Untuk mengetahui jaring-jaring pada limas segi empat, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya. Jaring-jaring limas segi empat terdiri dari sebuah segi empat dan 4 buah segitiga. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring limas segi empat.

jaring+jaring+limas+segi+empat
Jaring – Jaring Limas Segi Empat

C. Jaring – Jaring Limas Segi Lima

Limas segi lima adalah limas yang memiliki bidang sisi alas berbentuk segi lima dan sisi selimut yang berbentuk segitiga. Jika sebuah limas segi lima dibuka, maka akan diperoleh jaring-jaring limas segi lima yang terdiri dari sebuah bangun datar segi lima dan 5 buah bangun segitiga. Di bawah ini merupakan salah satu contoh bentuk pola jaring-jaring limas segi lima.

jaring+jaring+limas+segi+lima
Jaring – Jaring Limas Segi Lima

D. Jaring – Jaring Limas Segi Enam

Limas segi enam adalah limas yang memiliki bidang sisi alas berbentuk segi enam dan sisi selimut yang berbentuk segitiga. Untuk mengetahui jaring-jaring pada limas segi enam, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya. Jaring-jaring limas segi enam terdiri dari sebuah bangun datar segi enam dan 6 buah segitiga. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring limas segi enam.

jaring+jaring+limas+segi+enam
Jaring – Jaring Limas Segi Enam

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring limas segitiga, segi empat, segi lima, dan segi enam beserta gambar polanya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top