Home » Pendidikan » Jaring – Jaring Bola, Tabung, Dan Kerucut

Jaring – Jaring Bola, Tabung, Dan Kerucut

jaring+jaring+bola+tabung+kerucut
Bola, Tabung, Dan Kerucut

Jaring – Jaring Bola, Tabung, Dan Kerucut – Jaring-jaring adalah gabungan dari beberapa bangun datar yang membentuk bangun ruang. Setiap bangun ruang memiliki jaring-jaring yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Jaring-jaring pada bangun ruang juga dapat digunakan untuk menghitung luas sebuah bangun ruang. Yaitu dengan cara membuat jaring-jaringnya terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan seluruh luas bangun datar pembentuk jaring-jaring pada bangun ruang tersebut.

Bangun ruang terdiri dari kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola. Namun, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jaring-jaring pada bangun bola, tabung, dan kerucut beserta gambarnya.

Jaring – Jaring Bola, Tabung, Dan Kerucut Beserta Gambarnya

A. Jaring -Jaring Bola

Bola adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 1 sebuah bidang sisi yang memiliki titik pusat di dalamnya. Jarak titik pusat dengan seluruh sisi permukaannya (jari-jari bola) selalu sama panjang. Jaring-jaring bola merupakan irisan-irisan berbentuk seperti punggung daging pada buah jeruk. Di bawah ini merupakan salah satu contoh gambar jaring-jaring bola.

jaring+jaring+bola
Jaring – Jaring Bola

B. Jaring – Jaring Tabung

Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 3 buah bidang sisi, yaitu sisi alas, sisi atas (tutup tabung), dan sisi lengkung (selimut tabung). Sisi alas dan sisi atas tabung terbentuk oleh bangun lingkaran yang kongruen. Sedangkan sisi lengkung tabung atau sisi tegaknya berbentuk persegi panjang. Dengan begitu, maka jaring-jaring tabung terdiri dari sisi alas, sisi atas, dan sisi selimut tabung. Di bawah ini merupakan salah satu contoh gambar jaring-jaring tabung beserta ukurannya.

jaring+jaring+tabung
Jaring – Jaring Tabung

C. Jaring – Jaring Kerucut

Kerucut adalah suatu bangun ruang yang dibentuk oleh 2 buah bidang sisi, yaitu sisi alas dan sisi lengkung (selimut kerucut). Jaring-jaring kerucut terdiri dari sisi alas yang berbentuk lingkaran, serta sisi selimut berupa juring lingkaran dengan jari-jari garis pelukisnya (s) dan panjang busurnya sama dengan panjang keliling alasnya. Di bawah ini merupakan salah satu contoh gambar jaring-jaring kerucut.

jaring+jaring+kerucut
Jaring – Jaring Kerucut

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring bola, tabung, dan kerucut beserta gambarnya. Semoga bermanfaat.

Info Lainnya:  Jaring - Jaring Kubus Dan Balok Beserta Rumusnya
Baca Juga :
Scroll to Top