Home » Informasi » Kapan Waktu Yang Tepat Memasukan Garam Ke Masakan?

Kapan Waktu Yang Tepat Memasukan Garam Ke Masakan?

memasukan+garam+ke+dalam+masakan
Kapan Waktu Yang Tepat Memasukan Garam Ke Masakan

Kapan Waktu Yang Tepat Memasukan Garam Ke Masakan? – Banyak isu yang beredar jika memasukan garam ke dalam masakan akan menyebabkan racun? Namun, pernyataan tersebut ternyata salah besar, karena berbanding terbalik dengan kandungan yang ada di dalam garam yang hanya berupa natrium dan klorida.

Garam merupakan bahan makanan yang menyumbangkan mineral natrium terbesar ke dalam tubuh. Kandungan mineral tersebut memiliki peranan yang penting sebagai elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf dan fungsi otot tubuh.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi garam setiap hari. Namun juga tidak boleh berlebihan, karena mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sebagai bahan makanan yang memberi rasa gurih pada makanan, tentunya kita juga harus tahu cara menggunakannya agar masakan tetap sehat dan lezat. Nah, berikut akan dijelaskan kapan waktu yang tepat memasukan garam ke dalam masakan.

Mana Yang Benar, Memasukan Garam Di Awal Atau Akhir Memasak?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan yang terdapat pada garam adalah mineral. Mineral ini tidak akan berubah menjadi bahan yang berbahaya ketika dimasak. Berbeda cerita jika pada proses pembuatan garam tersebut dicampur dengan bahan-bahan tertentu oleh produsennya. Namun, jika dibuat dengan cara alami pastinya tetap aman untuk dikonsumsi.

Dalam proses memasak, menambahkan garam merupakan upaya agar masakan terasa lebih nikmat. Namun, perlu Anda ketahui, jika memasukan garam di awal memasak, garam tersebut akan langsung bercampur dengan protein dan hanya sekedar menambah natrium yang ada di dalam bahan masakan tersebut. Jadi, rasa asin dari garam tidak begitu terasa di lidah.

Akan terasa berbeda jika memasukan garam di akhir proses memasak, hasil masakan akan terasa lebih gurih dan rasa asinnya pun terasa. Selain itu, untuk jenis bahan makanan tertentu seperti sayuran, sebaiknya menambahkan garam di akhir proses memasak agar sayuran tersebut tetap segar dan tidak cepat layu. Karena jika memasukan garam di awal ketika memasak sayuran, maka masakan akan lembek dan kurang renyah.

Namun, ketika kita mengolah bahan makanan jenis daging, sebaiknya untuk mencampurkan garam di awal memasak atau melumurinya sebelum dimasak agar garam dapat terserap. Hal ini mengingat sifat daging yang akan mengerut dan menutup sel-selnya ketika dimasak. Sehingga, jika memberi garam di akhir proses memasak, garam tidak akan dapat diserap oleh daging dan hasil masakannya pun kurang sedap.

Jadi, kesimpulan dari kapan waktu yang tepat memasukan garam ke dalam masakan yaitu di awal dan di akhir proses memasak. Hal ini bertujuan agar masakan yang dihasilkan mengandung natrium yang tinggi dan rasa asinnya pun lebih terasa di lidah. Namun, pembagian tersebut didasari oleh takaran garam yang akan dimasukan. Jika komposisi masakan membutuhkan 1 sendok teh garam, maka masukanlah secara bertahap, yaitu setengah sendok di awal dan sisanya dimasukan di akhir proses memasak.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top