Home » Pendidikan » Rumus Luas Permukaan Tabung Dan Contoh Soalnya

Rumus Luas Permukaan Tabung Dan Contoh Soalnya

rumus+luas+permukaan+tabung
Rumus Luas Permukaan Tabung

Rumus Luas Permukaan Tabung Dan Contoh Soalnya – Setelah sebelumnya telah mempelajari rumus menghitung luas permukaan kerucut, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas rumus luas bangun ruang lainnya, yaitu rumus luas permukaan tabung yang juga akan disertai dengan contoh soal agar lebih mudah memahaminya.

Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 3 bidang permukaan, yaitu 2 bidang sisi yang sejajar dan kongruen yang terletak pada sisi alas dan sisi atasnya, serta sebuah sisi tegak yang berbentuk persegi panjang melengkung. Luas dari seluruh bidang permukaan itulah yang disebut dengan luas permukaan tabung.

Agar lebih jelas dalam memahami bangun tabung, silahkan pahami bagian-bagian tabung berikut ini. Karena bagian-bagian inilah yang digunakan dalam rumus menghitung luas permukaan pada bangun tabung. Dan berikut merupakan bagian-bagian dari bangun tabung:

  • Jari – Jari Tabung

Sisi alas dan sisi ataa tabung adalah bangun datar lingkaran. Jari-jari tabung merupakan jarak dari titik pusat lingkaran dengan himpunan titik-titik tepi lingkaran atau rusuk tabung. Dalam perhitungan lingkaran, diameter adalah dua kali jari-jari. Sama halnya pada tabung, diameter tabung merupakan jarak antar himpunan titik-titik tepi lingkaran alas atau atapnya yang melewati titik pusat lingkaran.

  • Tinggi Tabung

Jika menarik garis tegak lurus dari pusat lingkaran alas sampai titik pusat lingkaran atas, maka panjang garis tersebut merupakan tinggi tabung. Tinggi tabung adalah bagian tabung yang merupakan jarak antara titik pusat lingkaran alas dengan titik pusat lingkaran atas.

  • Selimut Tabung

Selimut tabung adalah sisi tegak yang menghubungkan sisi alas dan atas tabung. Pada jaring-jaring tabung, sisi selimut tabung berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjangnya adalah keliling lingkaran dan lebarnya adalah tinggi tabung.

Dengan memahami pengertian dan bagian-bagian tabung, maka diperoleh kesimpulan bahwa ciri-ciri tabung adalah sebagai berikut:

  • Tabung memiliki 3 sisi, yaitu sisi alas, sisi atas, dan sisi selimut.
  • Tabung memiliki 2 sisi kongruen, yaitu sisi alas dan sisi atas.
  • Sisi selimut tabung adalah bangun persegi panjang.
  • Tabung memiliki 2 rusuk, yaitu 1 rusuk pada sisi alas dan 1 rusuk pada sisi atas.
  • Tabung tidak memiliki titik sudut.

Cara Menghitung Luas Permukaan Tabung

Seperti yang telah disebutkan di atas, tabung memiliki 3 bidang sisi. Untuk memudahkan dalam memahami sisi pada tabung, silahkan lihat gambar jaring-jaring tabung dii bawah ini.

rumus+luas+permukaan+tabung
Jaring – Jaring Tabung

Perhatikan gambar jari-jari tabung di atas. Tabung memiliki 2 sisi permukaan berbentuk lingkaran dan 1 sisi berbentuk persegi panjang. Dengan begitu, untuk menghitung luas permukaan tabung kita juga harus mengetahui rumus luas lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah:

Luas lingkaran = π × r²

Coba perhatikan lagi, ukuran panjang pada selimut tabung merupakan ukuran keliling lingkaran. Sedangkan lebarnya adalah tinggi tabung, jadi rumus luas permukaan selimut tabung adalah:

Luas selimut tabung = keliling lingkaran × tinggi tabung
Luas selimut tabung = (2 × π × r) × t

Dari rumus-rumus bagian tabung tersebut, maka diperoleh rumus luas permukaan tabung yang benar adalah seperti berikut ini:

Luas tabung = 2 × luas alas + luas selimut tabung
Luas tabung = 2 × (π × r²) + (2 × π × r) × t

Luas permukaan tabung = 2 × π × r × (r + t)

Contoh Soal Pembahasan

1. Diketahui sebuah tabung memiliki jari-jari alas 7 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah berapa luas permukaan tabung tersebut!

Pembahasan:

Luas permukaan tabung = 2 × π × r × (r + t)
Luas permukaan tabung = 2 × 22/7 × 7 × (7 + 10)
Luas permukaan tabung = 2 × 22 × 17
Luas permukaan tabung = 748 cm²

2. Diketahui sebuah tabung memiliki jari-jari alas 14 cm. Jika tinggi tabung adalah 20 cm, berapa luas permukaan tabung tersebut!

Pembahasan:

Luas permukaan tabung = 2 × π × r × (r + t)
Luas permukaan tabung = 2 × 22/7 × 14 × (14 + 20)
Luas permukaan tabung = 2 × 44 × 34
Luas permukaan tabung = 2.992 cm²

3. Diketahui sebuah tabung memiliki jari-jari alas 10 cm. Jika tinggi tabung adalah 25 cm, berapa luas permukaan tabung tersebut!

Pembahasan:

Luas permukaan tabung = 2 × π × r × (r + t)
Luas permukaan tabung = 2 × 3,14 × 10 × (10 + 25)
Luas permukaan tabung = 2 × 31,4 × 35
Luas permukaan tabung = 2.198 cm²

Demikianlah pembahasan mengenai rumus luas permukaan tabung dan contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top