Home » Pendidikan » Cara Mencari Nilai Tengah (Median)

Cara Mencari Nilai Tengah (Median)

cara+mencari+nilai+tengah
Cara Mencari Nilai Tengah

Cara Mencari Nilai Tengah (Median) – Ketika belajar matematika, pasti akan bertemu dengan pembahasan mengenai median, mean, dan modus. Namun, pada kesempatan kali ini yang akan dibahas yaitu tentang bagaimana cara mencari nilai tengah (median) pada suatu data. Bagi yang belum paham, silahkan simak penjelasan pada uraian berikut ini.

Pengertian median itu sendiri adalah nilai tengah yang diperoleh dari suatu penyajian data setelah data tersebut diurutkan mulai dari yang nilai terkecil sampai nilai yang terbesar. Dan untuk mencari nilai tengah, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengumpulkan data yang akan dicari nilai tengahnya. Misalnya data nilai matematika siswa, data tinggi badan siswa, dan lain sebagainya.

Setelah semua data terkumpul, selanjutnya kita mengurutkan data tersebut. Dan untuk mencari nilai tengah pada suatu data, ada dua cara yang dapat dilakukan. Jika jumlah data yang disajikan jumlahnya ganjil, untuk menentukan nilai tengah yaitu mengambil suku yang tepat berada di tengah. Sedangkan jika data yang terkumpul jumlahnya genap, maka nilai tengah ditentukan dari jumlah dua suku tengah dibagi dua.

Cara Mencari Nilai Tengah Data Ganjil Dan Genap

Menghitung nilai tengah sering sekali muncul pada soal ulangan maupun ujian nasional. Dan berikut merupakan cara mencari nilai tengah pada data ganjil maupun genap yang disertai dengan contohnya masing-masing.

Mencari Nilai Tengah Pada Data Ganjil

Untuk mencari nilai tengah pada sajian data yang jumlahnya ganjil, caranya yaitu mengambil suku yang terletak tepat di tengah-tengah data tersebut setelah diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh berikut ini.

Kelas A memiliki siswa putra berjumlah 11 anak. Data nilai ulangan matematika dari siswa putra masing-masing yaitu 6, 7, 9, 8, 7, 7, 6, 6, 10, 9, dan 8. Dari sajian data tersebut, maka kita dapat mencari nilai tengah dengan cara :

Baca Juga :  Contoh Bilangan Cacah Dan Opersi Perhitungannya

1. Mengurutkan nilai-nilai tersebut dari yang terkecil hingga terbesar. Maka diperoleh urutan sebagai berikut :

6, 6, 6, 7, 7, 7, 8, 8, 9, 9, 10

2. Untuk menentukan nila tengah pada data ganjil, maka kita mengambil suku yang terletak paling tengah. Sehingga, nilai tengah dari data hasil ulangan siswa putra kelas A adalah 7.

Mencari Nilai Tengah Pada Data Genap

Untuk menentukan median atau nilai tengah pada data genap, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu mengurutkan data dari yang terkecil sampai yang terbesar. Setelah itu, kita ambil dua suku yang berada di urutan tengah, kemudian membaginya dengan angka 2.

Sebagai contoh kita akan mengambil data usia anak yang sedang bermain di sebuah taman. Dan usia masing-masing anak yaitu 4, 4, 5, 7, 6, 8, 3, 5, 4, dan 6 tahun. Dari jumlah anak yang berada di taman tersebut, kita dapat menentukan nilai tengah usia pada anak-anak tersebut dengan cara :

1. Mengurutkan data usia anak yang berada di taman dari yang terkecil sampai yang terbesar. Maka diperoleh hasil urutan data sebagai berikut :

3, 4, 4, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 8

2. Untuk menentukan nila tengah pada data genap, maka kita menggunakan rumus yaitu mengambil dua suku yang terletak di tengah. Kemudian menjumlahkan kedua suku tersebut dan membagi dengan angka 2. Jadi, nilai tengah dari data usia anak yang berada di taman adalah :

(5 + 5) : 2 = 10 : 2 = 5

Dari uraian penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa rumus untuk menentukan nilai tengah adalah sebagai berikut :

  • Median pada data ganjil = suku yang tepat berada di tengah data yang diurutkan dari terkecil sampai terbesar.
  • Median pada data genap = jumlah dua suku tengah dibagi 2 setelah data tersebut diurutkan dari terkecil sampai yang terbesar.
Baca Juga :  Akibat Revolusi Bumi Terhadap Matahari

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari nilai tengah (median) pada suatu data yang ganjil dan genap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top