Home » Pendidikan » Cara Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa

Cara Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa

cara+mengubah+pecahan+campuran+ke+pecahan+biasa
Cara Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa

Cara Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa – Pecahan campuran adalah bilangan matematika yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Jika ditulis menggunakan simbol yaitu a b/c . Dimana a adalan bilangan bulat dan b/c adalah pecahan biasa. Nah, tahukah Anda jika pecahan campuran ini dapat diubah ke pecahan biasa atau sebaliknya?

Mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa biasanya dilakukan dalam mengerjakan soal-soal tentang operasi hitung pecahan yang melibatkan pecahan campuran, seperti penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Dimana untuk menyelesaikannya kita perlu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu.

Untuk itu, bagi yang belum paham tentang bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, silahkan simak uraian berikut ini.

Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa Atau Sebaliknya

Baik pecahan campuran mau pun pecahan biasa, dapat diubah ke bentuknya masing-masing. Karena pada dasarnya hanya menyederhanakannya tanpa mengubah nilainya. Nah, bagi yang masih kesulitan dalam mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa atau sebaliknya, Simak penjelasan berikut ini.

Langkah – Langkah Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa

Perlu kita ketahui bahwa cara mengubah pecahah ini sangat penting untuk dilakukan supaya lebih mudah menghitung operasi hitung pada bilangan pecahan. Karena untuk menghitungnya kita harus mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa terlebih dahulu.

Perlu diingatkan kembali bahwa dalam mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa nilainya harus sama dan tidak ada yang lebih besar atau lebih kecil. Karena pada dasarnya pecahan biasa merupakan bentuk lain dari pecahan campuran.

Ada pun cara yang dapat dilakukan untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa yaitu sebagai berikut.

  • Langkah 1 : Kalikan penyebut dengan bilangan penuh (bilangan bulat) yang pada bilangan pecahan campuran.
  • Langkah 2 : Kemudian hasil kali dari penyebut dengan bilangan bulat tersebut dijumlahkan dengan pembilang pada pecahan campuran. Sehingga hasil penjumlahan tersebut menjadi pembilang pada pecahaan biasa. Sedangkan penyebutnya sama dan tidak berubah dengan penyebut pada pecahan campuran.
Baca Juga :  Macam - Macam Unsur Dalam Seni Rupa

Jika dituliskan dengan rumus, maka untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa yaitu :

rumus+mengubah+pecahan+campuran+ke+pecahan+biasa
Rumus Mengubah Pecahan Campuran Ke Pecahan Biasa

Nah, untuk menerapkan rumus di atas, silahkan perhatikan contoh berikut ini.

Contoh :

Ubahlah pecahan 2 4/5 menjadi pecahan biasa !

Penyelesaian :
Bilangan penuh = 2
Pembilang = 4
Penyebut = 5

Rumus = [(Bilangan Penuh x Penyebut) + Pembilang] / Penyebut
= [(2 x 5) + 4] /5 = (10 + 4)/5 = 14/5

Jadi, pecahan biasa dari pecahan campuran 2 4/5 = 14/5

Langkah – Langkah Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran

Setelah menguasai langkah-langkah mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, sekarang akan membahas kebalikannya, yaitu bagaimana cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.

Pada dasarnya, pecahan biasa dapat diubah menjadi pecahan campuran. Namun dengan catatan jika pembilang lebih besar dari penyebut. Apabila pembilang kurang atau lebih kecil dari penyebut, maka pecahan tersebut tidak dapat diubah menjadi pecahan campuran.

Ada pun cara capat yang dapat dilakukan untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran yaitu mencari sisa dari hasil pembagian antara pembilang dengan penyebut. Di mana hasil bagi dijadikan angka bulat dan sisa pembagiannya dijadikan sebagai pembilang. Sedangkan untuk penyebutnya sama dan tidak berubah dengan penyebut pada pecahan sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

Contoh :

Ubahlah pecahan 16/3 menjadi pecahan campuran !

Penyelesaian :

Pembilang = 16
Penyebut = 3

Maka, 16 : 3 = 5 sisa 1

Jadi pecahan campuran dari pecahan 16/3 = 5 1/3

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa atau sebaliknya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top