Home » Matematika » Pembagian Pecahan Dengan Persen

Pembagian Pecahan Dengan Persen

pembagian+pecahan+dengan+persen
Pembagian Pecahan Dengan Persen

Pembagian Pecahan Dengan Persen – Setelah sebelumnya telah mempelajari bagaimana cara menghitung perkalian antara pecahan dan persen, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas tentang cara menghitung pembagiannya. Nah, bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pecahan biasa dan persen mrupakan bentuk bilangan yang memiliki perbedaan bentuk. Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut (a/b), sedangkan persen merupakan bentuk pecahan perseratus yang ditulis dengan simbol persen (%). Untuk melakukan pembagian antara pecahan biasa dan persen, rumus yang paling mudah digunakan adalah mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa.

Lalu, bagaimana jika pada soal ditemukan adanya pecahan campuran dibagi bilangan persen? Tentu saja langkah pertamanya adalah mengubahnya menjadi bentuk pecahan biasa terlebih dahulu, barulah kemudian melakukan operasi pembagian pada pecahan campuran dengan persen.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Dengan Persen

Dengan melihat kasus seperti di atas, maka untuk melakukan operasi pembagian pecahan biasa atau pecahan campuran dengan bilangan persen yaitu dengan mengubah ke bentuk pecahan biasa. Untuk lebih jelasnya, simak contoh soal berikut ini dan pembahasannya.

A. Pembagian Pecahan Biasa Dan Persen

Contoh Soal:
3/4 : 50% = …?

Pembahasan:
Langkah pertama adalah mengubah bilangan 50% menjadi pecahan biasa. Dan untuk memudahkannya, kita dapat langsung menyederhanakannya.
50% = 50/100 = 5/10 = 1/2

Baca Lainnya :   Pengertian Sudut Dan Macam-Macam Sudut

Selanjutnya melakukan operasi pembagian pada contoh soal tersebut
3/4 : 1/2 = …?

Nah, untuk melakukan operasi pembagian pada pecahan, caranya yaitu dengan membalik posisi pembilang dengan penyebut pada pecahan pembagi dan mengubah operasi hitungnya menjadi perkalian. Setelah itu, lakukan perkalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Perhatian langkah-langkah di bawah ini:
3/4 : 1/2 = …?
3/4 × 2/1 = 6/4

Setelah memperoleh hasilnya, jika memungkinkan untuk disederhanakan maka sederhanakanlah menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran.
6/4 = 1 2/4 = 1 1/2
Jadi, hasil pembagian dari 3/4 : 50% = 1 1/2

B. Pembagian Pecahan Campuran Dan Persen

Contoh Soal:
2 1/2 : 50% = …?

Pembahasan:
Langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran 2 1/2 menjadi pecahan biasa. Jika belum paham cara mengubahnya, silahkan baca di artikel berikut ini :

Cara Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

2 1/2 = 5/2

Langkah kedua adalah mengubah 50% menjadi pecahan biasa. Dan untuk memudahkannya, kita dapat langsung menyederhanakannya.
50% = 50/100 = 5/10 = 1/2

Selanjutnya melakukan yaitu melakukan pembagian pada contoh soal tersebut
5/2 : 1/2 = …?

Sama seperti cara di atas, untuk melakukan operasi pembagian pada pecahan, caranya yaitu dengan membalik posisi pembilang dengan penyebut pada pecahan pembagi dan mengubah operasi hitungnya menjadi perkalian. Setelah itu, lakukan perkalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Perhatian langkah-langkah di bawah ini:
5/2 : 1/2 = …?
5/2 × 2/1 = 10/2

Setelah memperoleh hasilnya, jika memungkinkan untuk disederhanakan maka sederhanakanlah menjadi bilangan yangg setara.
10/2 = 5
Jadi, hasil pembagian dari 2 1/2 : 50% = 5

Baca Lainnya :   Rumus Volume Kubus Dan Contoh Soal

Bagaimana, mudah sekali kan? Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung pembagian pecahan dengan persen. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

2 thoughts on “Pembagian Pecahan Dengan Persen”

  1. soal no 1 salah jawabannya!
    3/4 : 1/2 = …?
    3/4 × 2/1 = 5/4 SALAH, SEHARUSNYA 6/4
    (3 x 2)/(4 x 1) =
    6 / 4 = 6/4 = 2 1/2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top