Home » Pendidikan » Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Persen

Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Persen

pengurangan+pecahan+dengan+persen
Pengurangan Pecahan Dan Persen

Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Persen – Setelah sebelumnya telah dipelajari bagaimana cara melakukan penjumlahan pecahan biasa dengan persen, maka pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan cara menghitung pengurangan pecahan biasa dengan persen.

Pecahan biasa dan persen merupakan bilangan pecahan yang berbeda bentuk. Untuk itu, sebelum membahas operasi pengurangan pada kedua pecahan tersebut, sebaiknya kita pahami dulu apa itu pecahan biasa dan apa itu bentuk persen.

Pecahan biasa adalah bentuk pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut (a/b), sedangkan persen merupakan bentuk pecahan perseratus yang ditulis dengan simbol persen (%). Nah, pengurangan antara pecahan biasa dan persen dapat dilakukan dengan cara mengubah bentuk pecahan semua atau persen semua. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Menghitung Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Persen

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk melakukan operasi pengurangan antara pecahan biasa dan persen yaitu dengan mengubah ke salah satu bentuk yang dipertanyakan. Agar lebih mudah memahaminya, berikut akan diberikan contoh soal pengurangan pecahan beserta cara penyelesaian yang berbeda, yaitu mengubah ke bentuk pecahan dan bentuk persen.

A. Mengubah ke Bentuk Pecahan Biasa

Contoh : 3/450% = …?

Langkah pertama adalah mengubah 50% menjadi pecahan biasa

50% = 50/100 = 5/10 = 1/2

Selanjutnya melakukan operasi pengurangan pada soal tersebut

3/41/2 = …?

Untuk melakukan pengurangan pada pecahan sama halnya dengan penjumlahan, yaitu dengan menyamakan masing-masing penyebutnya. Dan untuk menyamakan penyebut pada pecahan, kita dapat mencarinya dengan menggunakan rumus KPK. Setelah nilai penyebutnya sama, barulah melakukan pengurangan pada pembilangnya saja. Untuk lebih jelasnya, perhatian langkah-langkah di bawah ini :

4 = 4, 8, 12, …
2 = 2, 4, 6, …
KPK dari 4 dan 2 adalah 4

Karena 3/4 nilai penyebutnya sudah 4, maka kita hanya perlu mengubah 1/2 menjadi penyebut 4

1/2 = 2/4

Dengan begitu, maka bentuk operasi pengurangan pecahannya menjadi seperti berikut ini

3/42/4 = 1/4

Jadi, hasil pengurangan dari 3/4 – 50% = 1/4

B. Mengubah ke Bentuk Persen

Contoh : 3/4 – 50% = …?

Langkah pertama adalah mengubah pecahan 3/4 menjadi bentuk persen

3/4 × 100% = 300/4 = 75%

Selanjutnya tinggal melakukan pengurangan pada soal tersebut

75% – 50% = 125%

Jadi, hasil pengurangan dari 3/4 – 50% = 125%

Bagaimana, mudah bukan? Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung pengurangan pecahan biasa dengan persen. Kita dapat menghitungnya dengan dua cara yang berbeda seperti di atas tergantung dari bentuk soal yang dipertanyakan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top