Home » Matematika » Bagian-Bagian Prisma Segitiga Dan Gambarnya

Bagian-Bagian Prisma Segitiga Dan Gambarnya

bagian-bagian-prisma-segitiga
Prisma Segitiga

Bagian-Bagian Prisma Segitiga – Prisma adalah salah satu jenis bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang datar yang kongruen dan sejajar, serta bagian sisi tegak yang menghubungkan kedua bidang kongruen tersebut. Diantara jenis-jenis prisma adalah prisma segitiga. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang bagian-bagian yang ada pada prisma segitiga.

Seperti yang disebutkan di atas, prisma memiliki dua bidang datar kongruen. Bagian prisma yang kongruen tersebut disebut dengan bidang alas dan bidang atas. Pada prsima segitiga, bidang kongruen tersebut berbentuk bangun datar segitiga yang sebangun, yakni besar sudut dan panjang sisinya sama.

Selain bidang sisi, bangun prisma juga dibentuk oleh bagian-bagian lainnya, yaitu rusuk, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Untuk menentukan jumlah bagian-bagian pada prisma segi-n beraturan, rumus yang digunakan adalah:

  • Rusuk = (3n) buah
  • Bidang sisi = (n + 2) buah
  • Titik sudut = (2n) buah
  • Diagonal sisi = n(n – 1) buah
  • Diagonal ruang = n(n – 3) buah
  • Bidang diagonal = ½ n(n – 1) jika n genap dan ½ n(n – 3) jika n ganjil

Bagian-Bagian Prisma Segitiga Dan Gambar Penjelasannya

Prisma merupakan bangun matematika yang mempunyai isi atau volume. Sebagai bangun ruang tiga dimensi, prisma segitiga terdiri dari bagian-bagian pembentuknya. Nah berikut merupakan penjelasan mengenai bagian-bagian prisma segitiga dan gambarnya.

Baca Lainnya :   Cara Mencari Luas Permukaan Bola Jika Diketahui Volume
bagian+bagian+prisma+segitiga
Bagian-Bagian Prisma Segitiga

1. Rusuk Prisma Segitiga

Rusuk adalah pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang. Prisma segitiga mempunyai 9 buah rusuk, yaitu 3 buah rusuk sisi alas (DE,EF,FD), 3 buah rusuk sisi atas (AB,BC,CA), dan 3 buah rusuk sisi tegak (AD,BE,CF). Rusuk sisi tegak juga merupakan tinggi dari prisma segitiga.

2. Sisi Prisma Segitiga

Sisi adalah bagian bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan sekitarnya. Prisma segitiga mempunyai 5 buah bidang sisi, yaitu 1 sisi alas berbentuk segitiga (DEF), 1 sisi atas berbentuk segitiga (ABC), dan 3 buah sisi tegak/selimut prisma yang berbentuk persegi panjang (ABDE, ACDF, BCEF).

3. Titik Sudut Prisma Segitiga

Titik sudut adalah titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga buah atau lebih. Prisma segitiga mempunyai 6 buah titik sudut, yaitu titik A, titik B, titik C, titik D, titik E, dan titik F.

4. Diagonal Sisi Prisma Segitiga

Diagonal sisi adalah garis diagonal yang terletak pada bidang sisi suatu bangun ruang. Prisma segitiga mempunyai 6 buah diagoanal sisi yang terletak pada sisi tegaknya, yaitu dengan cara menarik garis dari titik A ke F, C ke D, B ke F, C ke E, A ke E, dan B ke D.

5. Diagonal Ruang Prisma Segitiga

Prisma segitiga tidak memiliki diagonal ruang. Namun, pada jenis prisma yang lain terdapat diagonal ruang. Misalnya pada prisma segiempat yang mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah.

Baca Lainnya :   Cara Menghitung Diskon Dan Harga Setelah Diskon

6. Bidang Diagonal Prisma Segitiga

Prisma segigitga juga tidak memiliki bidang diagonal. Namun, pada jenis prisma lainnya terdapat bidang diagonal. Misalnya pada prisma segiempat yang mempunyai bidang diagonal sebanyak 6 buah yang berbentuk persegi panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian prisma segitiga dan gambar penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top