Home » Informasi » Macam-Macam Alat Ukur Panjang: Gambar Dan Fungsinya

Macam-Macam Alat Ukur Panjang: Gambar Dan Fungsinya

macam+macam+alat+ukur+panjang
Gambar Alat Ukur Panjang

Macam-Macam Alat Ukur Panjang: Gambar Dan Fungsinya – Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita dihadapkan dengan kegiatan pengukuran. Untuk melakukan pengukuran suatu benda, diperlukan sebuah alat ukur yang sesuai. Misalnya untuk mengukur panjang kain, lebar lapangan, atau tinggi badan, maka jenis alat ukur yang digunakan adalah alat ukur panjang.

Tahukah apa itu alat ukur panjang? Alat ukur panjang adalah alat yang digunakan untuk mengukur dimensi panjang suatu benda. Terdapat beberapa macam alat untuk mengukur panjang, seperti penggaris, meteran, dan jangka sorong. Setiap jenis alat ukur tersebut memiliki fungsi dan tingkat ketelitian yang berbeda-beda.

Fungsi alat ukur panjang itu sendiri adalah untuk mengetahui nilai besaran yang belum diketahui atau membandingkan panjang suatu benda yang satu dengan lainnya. Berikut akan diberikan informasi mengenai macam-macam alat ukur panjang lengkap beserta gambar fungsinya masing-masing.

Macam-Macam Alat Ukur Panjang Beserta Gambar Dan Fungsinya

1. Penggaris

alat+ukur+panjang+penggaris
Penggaris

Alat ukur panjang yang pertama adalah penggaris atau mistar. Alat ukur ini merupakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur ini memiliki ketelitian sebesar 1 mm. Mistar atau penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang memiliki dimensi panjang relatif pendek, seperti kertas, lantai ubin, panjang meja, dan lain sebagainya.

Penggaris memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu penggaris lurus, penggaris segitiga, dan penggaris siku-siku. Setiap jenis penggaris tersebut memiliki kegunaan masing-masing sesuai fungsinya.

Baca Lainnya:   Macam - Macam Garis Lengkung Dan Gambarnya

2. Meteran

alat+ukur+panjang+meteran
Meteran

Meteran juga dikenal dengan sebutan pita ukur. Umumnya, terdapat dua jenis alat ukur meteran, yakni meteran gulung dan meteran tangan. Meteran gulung atau roll meter adalah alat ukur panjang yang bisa digulung. Sedangkan meteran tangan merupakan meteran yang dapat menggulung sendiri.

Ukuran panjang meteran rata-rata berkisar antara 25-50 meter. Fungsi meteran sama seperti penggaris, namun benda yang diukur dengan meteran memiliki dimensi lebih panjang misalnya, lapangan, tanah pekarangan, panjang jalan, dan lain-lain.

3. Meteran Laser

macam+macam+alat+ukur+panjang
Meteran Laser

Meteran laser mungkin jarang sekali dijumpai di masyarakat umum, karena alat ini biasa digunakan oleh para ahli kontruksi untuk mengukur dimensi panjang di lapangan.

Cara kerja meteran laser ini yaitu memanfaatkan sinar ultrasonik untuk mengukur bidang kontruksi. Tingkat ketelitian jenis alat ukur ini sangat akurat dibandingkan dengan lainnya. Selain untuk mengukur panjang, alat ini juga dapat digunakan untuk menghitung luas dan volume.

4. Jangka Sorong

alat+ukur+panjang+jangka+sorong
Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Jangka sorong terbagi menjadi 2 jenis, yakni manual dan digital. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahliannya.
Penggunaan alat ini biasanya terlihat di bengkel-bengkel otomotif dan pabrik produksi barang dengan tingkat presisi yang tinggi. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur diameter dalam dan diameter luar, serta mengukur kedalaman suatu benda.

Baca Lainnya:   Cara Budidaya Ikan Cupang Sendiri di Rumah

5. Mikrometer Sekrup

alat+ukur+panjang+mikrometer+sekrup
Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi. Penggunaan mikrometer sekrup sangat luas, intinya adalah mengukur besaran panjang dengan lebih presisi.

Mikrometer mempunyai tingkat ketelitian hinggan 0,01 mm. Alat ukur ini dapat digunakan untuk mengukur panjang/ketebalan/diameter dari benda-benda yang berukuran kecil, seperti lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam alat ukur panjang beserta fungsi, tingkat ketelitian, dan gambarnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published.