Home » Informasi » Macam-Macam Alat Ukur Panjang Dan Fungsinya

Macam-Macam Alat Ukur Panjang Dan Fungsinya

macam+macam+alat+ukur+panjang
Macam-Macam Alat Ukur Panjang

Macam-Macam Alat Ukur Panjang Dan Fungsinya – Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita dihadapkan dengan kegiatan pengukuran. Untuk mengukur panjang suatu benda, diperlukan sebuah alat ukur yang dinamakan alat ukur panjang. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja macam-macam alat ukur panjang dan fungsinya.

Alat ukur panjang adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur dimensi panjang suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai macam-macam alat untuk mengukur panjang, seperti penggaris, meteran, dan jangka sorong. Setiap jenis alat ukur panjang tersebut memiliki fungsi dan tingkat ketelitian yang berbeda-beda.

Fungsi alat ukur panjang itu sendiri yaitu untuk mengetahui nilai besaran yang belum diketahui. Misalnya mengukur panjang kain, lebar lapangan, tinggi badan, dan lain-lain. Untuk alat ukur yang digunakan pun berbeda tergantung dari benda yang diukur.

Macam-Macam Alat Ukur Panjang Dan Fungsinya

Berikut merupakan nama macam-macam alat ukur panjang beserta gambar dan fungsinya.

1. Penggaris

penggaris
Penggaris

Alat ukur panjang yang pertama adalah penggaris atau mistar. Alat ukur ini merupakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur ini memiliki ketelitian sebesar 1 mm. Mistar atau penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang memiliki dimensi panjang relatif pendek, seperti kertas, lantai ubin, panjang meja, dan lain sebagainya.

Baca Lainnya :  Terminal Bus Baru Cilacap, Jawa Tengah

Penggaris memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu penggaris lurus, penggaris segitiga, dan penggaris siku-siku. Setiap jenis penggaris tersebut memiliki kegunaan masing-masing sesuai fungsinya.

2. Meteran

meteran
Meteran

Meteran juga dikenal dengan sebutan pita ukur. Umumnya, terdapat dua jenis alat ukur meteran, yakni meteran gulung dan meteran tangan. Meteran gulung atau roll meter adalah alat ukur panjang yang bisa digulung. Sedangkan meteran tangan merupakan meteran yang dapat menggulung sendiri.

Ukuran panjang meteran rata-rata berkisar antara 25-50 meter. Fungsi meteran sama seperti penggaris, namun benda yang diukur dengan meteran memiliki dimensi lebih panjang misalnya, lapangan, tanah pekarangan, panjang jalan, dan lain-lain.

3. Meteran Laser

meteran+laser
Meteran Laser

Meteran laser mungkin jarang sekali dijumpai di masyarakat umum, karena alat ini biasa digunakan oleh para ahli kontruksi untuk mengukur dimensi panjang di lapangan.

Cara kerja meteran laser ini yaitu memanfaatkan sinar ultrasonik untuk mengukur bidang kontruksi. Tingkat ketelitian jenis alat ukur ini sangat akurat dibandingkan dengan lainnya. Selain untuk mengukur panjang, alat ini juga dapat digunakan untuk menghitung luas dan volume.

Baca Lainnya :  Alamat Dan Jadwal Kerja Kantor Imigrasi Cilacap

4. Jangka Sorong

jangka+sorong
Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Jangka sorong terbagi menjadi 2 jenis, yakni manual dan digital. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahliannya.

Penggunaan alat ini biasanya terlihat di bengkel-bengkel otomotif dan pabrik produksi barang dengan tingkat presisi yang tinggi. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur diameter dalam dan diameter luar, serta mengukur kedalaman suatu benda.

5. Mikrometer Sekrup

mikrometer+sekrup
Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi. Penggunaan mikrometer sekrup sangat luas, intinya adalah mengukur besaran panjang dengan lebih presisi.

Mikrometer mempunyai tingkat ketelitian hinggan 0,01 mm. Alat ukur ini dapat digunakan untuk mengukur panjang/ketebalan/diameter dari benda-benda yang berukuran kecil, seperti lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam alat ukur panjang dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top