Home » Matematika » Jaring-Jaring Kubus: Gambar dan Cara Membuatnya

Jaring-Jaring Kubus: Gambar dan Cara Membuatnya

jaring+jaring+kubus
Jaring-Jaring Kubus

Jaring-Jaring Kubus: Rumus, Gambar dan Cara Membuatnya – Jaring-jaring adalah gabungan dari beberapa bangun datar penyusun bangun ruang. Salah satu bangun ruang yaitu kubus. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang jaring-jaring kubus, lengkap beserta gambar, dan cara membuatnya.

Jaring-jaring kubus dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa bangun datar pembentuk kubus. Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi. Dengan begitu, gambar jaring-jaringnya terdiri dari enam buah persegi yang diperoleh dari potongan kubus menurut rusuknya dan sisinya direntangkan. Kubus yang memiliki 11 pola jaring-jaring dengan bentuk pola yang berbeda-beda.

Perlu diketahui bahwa tidak semua pola dari enam persegi dapat membentuk kubus. Hal ini sering menjadi pertanyaan dalam soal matematika. Biasanya disuruh memilih diantara beberapa gambar pola yang bukan merupakan jaring-jaring kubus. Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, yaitu dengan membayangkan dengan merangkai bagian mana yang menjadi sisi alas, sisi samping, sisi depan, sisi belakang dan tutup kubus.

Setiap jaring-jaring bangun ruang dapat dihitung luasnya. Luas jaring-jaring disebut juga dengan luas permukaan, yaitu jumlah luas seluruh bangun datar yang menyusun suatu bangun ruang. Kubus terdiri dari 6 buah persegi. Dengan begitu, untuk menghitung luas jaring-jaringnya adalah 6 x luas persegi. Luas persegi adalah sisi x sisi.

Luas = 6 x sisi x sisi

Contoh Soal

Sebuah kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Berapakah luas jaring-jaringnya?

Baca Lainnya :   Unsur-Unsur Kerucut Beserta Gambarnya

Penyelesaian:
L = 6 x sisi x sisi
L = 6 x 10 x 10
L = 600 cm²
Jadi, luas permukaan kubus adalah 600 cm².

Gambar Jaring-Jaring Kubus

Kubus memiliki 11 gabar pola pembentuk ruangannya. Berikut merupakan 11 gambar pola pembentuk kubus dengan warna yang berbeda-beda. Warna kuning adalah sisi alas kubus dan warna ungu adalah tutup kubus.

gambar+jaring+jaring+kubus
Gambar Pola Pembentuk Kubus

Cara Membuat Jaring-Jaring Kubus

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat pola pembentuk kubus. Caranya yaitu dengan menyusun 6 buah persegi yang apabila dilipat kembali akan membentuk sebuah kubus. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Sediakan alat tulis, kertas karton, penggaris dan gunting.
  • Gambarlah sebuah pola sesuai dengan salah satu gambar pola di atas pada kertas karton yang telah disediakan.
  • Setelah pola jaring-jaring terbentuk, guntinglah garis-garis bagian luar sesuai pola jaring-jaring yang digambar.
  • Setelah digunting, lipatlah pada masing-masing bagian yang bergaris.
  • Setelah dilipat, hubungkankan masing-masing lipatannya hingga membentuk kubus.

Demikianlah pembahasan mengenai mengenai jaring-jaring kubus, yang meliputi pengertian, rumus, gambar, dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top