Home » Pendidikan » Penjumlahan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran

Penjumlahan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran

cara+menghitung+penjumlahan+pecahan
Cara Menghitung Penjumlahan Pecahan

Penjumlahan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran – Penjumlahan pada bilangan pecahan merupakan operasi hitung yang sering muncul pada soal ujian. Untuk itu, bagi yang masih kesulitan dalam menghitung operasi penjumlahan pecahan biasa maupun pecahan campuran, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Pecahan biasa adalah bilangan matematika yang terdiri atas pembilang dan penyebut (a/b). Pembilang merupakan bilangan yang ada di atas, sedangkan penyebut merupakan bilangan yang ada di bawahnya. Contoh pecahan biasa adalah 1/2, dimana 1 adalah pembilang dan 2 adalah penyebut.

Sedangkan pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 1 2/3. Dimana 1 adalah bilangan bulat dan 2/3 adalah pecahan biasa. Nah, setelah mengetahui pengertian dari masing-masing, saatnya untuk menguraikan cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran.

Menghitung Penjumlahan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran

Dalam menjumlahkan bilangan pecahan, ada beberapa materi yang juga perlu dipahami, seperti cara menentukan nilai KPK dan juga cara menyederhanakan pecahan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Penjumlahan Pecahan Biasa

Penjumlahan pecahan biasa merupakan dasar operasi penjumlahan pada bilangan pecahan biasa (pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebut).

Penjumlahan tersebut dapat dilakukan apabila nilai penyebutnya sama. Tetapi, jika nilai penyebutnya berbeda, maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, baru kemudian menjumlahkan pembilangnya.

Sementara itu, untuk menyamakan penyebut pada pecahan yang berbeda, kita dapat mencarinya dengan menggunakan KPK. Perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh 1

1/5 + 2/5 = ….

Penyelesaian :

Pada contoh soal di atas, pecahan yang dijumlahkan memiliki nilai penyebut yang sama, sehingga untuk menyelesaikannya kita cukup menjumlahkan pembilangnya.

cara+menghitung+penjumlahan+pecahan

Contoh 2

1/5 + 1/3 = ….

Penyelesaian :

Pada contoh 2, pecahan yang dijumlahkan memiliki nilai penyebut yang berbeda, sehingga kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu menggunakan KPK.

cara+mencari+kpk

Setelah menemukan KPK dari penyebutnya, yakni 3 dan 5 adalah 15, maka untuk mennyelesaiakn soal pecahan pada contoh 2, terlebih dahulu kita harus mengkalikan dengan bilangan yang sama agar penyebutnya menjadi 15.

cara+menghitung+penjumlahan+pecahan
cara+menghitung+penjumlahan+pecahan
cara+menghitung+penjumlahan+pecahan

Jadi, penjumlahan pecahan 1/5 + 1/3 = 8/15

Penjumlahan Pecahan Campuran

Untuk menghitung penjumlahan pada pecahan campuran, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penjumlahan pecahan biasa. Hanya saja kita perlu mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa, barulah kemudian menjumlahkannya dengan menyamakan penyebutnya. Dan jika memungkinkan, ubahlah hasil penjumlahan menjadi bentuk pecahan yang paling sederhana.

Contoh 3

1 1/2 + 2 1/4 = ….

Penyelesaian :

Karena soal di atas merupakan penjumlahan pecahan campuran, maka langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa.

1 1/2 = 3/2
2 1/4 = 9/4

Setelah diubah menjadi pecahan biasa, ternyata masing-masing pecahan memiliki nilai penyebut yang berbeda, maka langkah selanjutnya yaitu menyamakan penyebutnya menggunakan KPK.

cara+mencari+kpk

Setelah menemukan KPK dari 2 dan 4 yaitu 4, maka untuk menyelesaikan soal pecahan pada contoh 3, terlebih dahulu kita harus mengkalikan dengan bilangan yang sama agar penyebutnya menjadi 4.

cara+mencari+kpk

9/4 tidak perlu diubah penyebutnya, karena nilai penyebutnya sudah 4.

cara+menghitung+penjumlahan+pecahan

Jadi, hasil penjumlahan pecahan campuran dari 1 1/2 + 2 1/4 = 3 3/4.

Bagaiman, tidak begitu sulit kan? Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top