Home » Pendidikan » Rumus Luas Permukaan Kubus Dan Contoh Soal

Rumus Luas Permukaan Kubus Dan Contoh Soal

rumus+luas+permukaan+kubus
Rumus Luas Permukaan Kubus

Rumus Luas Permukaan Kubus Dan Contoh Soal – Setelah sebelumnya membahas tentang rumus volume kubus, pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan mempelajari cara menghitung luas permukannya. Bagi yang belum paham cara menghitungnya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai rumus luas permukaan kubus dan contoh soalnya.

Pengertian Kubus

Kubus itu adalah bangun tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 buah sisi berbentuk persegi, 12 rusuk sama panjang dan 8 titik sudut. Kubus termasuk dalam bangun ruang sisi datar, karena sisi memiliki permukaan yang rata/datar.

Sisi-sisi permukaan kubus memiliki ukuran yang sama luas (kongruen). Oleh karena itu, bangun kubus juga sering disebut sebagai bidang enam beraturan.

Rusuk kubus adalah garis potong yang menghubungkan sisi-sisi kubus. Dimensi panjang rusuk kubus inilah digunakan untuk menghitung luas permukaan kubus. Nah, berikut akan dijelaskan Bagaimana cara menghitung luas permukaan kubus.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan kubus adalah luas seluruh bidang permukaan yang membatasi kubus. Perhatikan jaring-jaring kubus, kubus memiliki 6 buah bidang permukaan yang berbentuk persegi. Jadi, untuk menghitung luas permukaan kubus, kita juga harus mengetahui rumus luas persegi.

Seperti yang kita tahu bahwa rumus luas persegi adalah sisi × sisi atau s². Luas permukaan kubus adalah 6 kali luas persegi. Sehingga, untuk menghitung luas permukaan kubus adalah 6 kali sisi × sisi. Jika dituliskan, rumus luas permukaan kubus adalah:

Baca Lainnya:   Contoh Benda Berbentuk Bulat Dan Bundar
Luas Permukaan Kubus (L) = 6 × s²

Luas Permukaan Kubus Jika diketahui Volumenya

Untuk menghitug luas permukaan kubus yang telah diketahui volumenya, ada dua langkah untuk mengerjakannya, yaitu:

  • Mencari ukuran rusuk kubus terlebih dahulu
  • Menghitung luas permukaan kubus

Untuk memahami langkah-langah tersebut, maka kita harus memahami rumus volume kubus. Rumus volume kubus adalah sisi × sisi × sisi atau s³. Dengan begitu, rumus untuk mencari rusuk kubus adalah akar pangkat tiga dari volume = ³√V

Setelah mengetahui ukuran rusuk kubus, barulah kita dapat menghitung luas permukaan kubus. Agar lebih mudah memahaminya, simak beberapa contoh soal berikut ini.

Contoh Soal Luas Kubus

Contoh Soal: Menghitung Luas Permukaan Kubus
Sebuah kubus memiliki ukuran sisi 5 cm. Hitunglah berapa luas permukaan kubus tersebut?

Penyelesaian:
L = 6 × s²
L = 6 × 5²
L = 6 × 25
L = 150 cm²
Jadi, luas permukaan kubus adalah 150 cm².

Contoh Soal: Menghitung Luas Kubus yang Diketahui Volumenya
Sebuah kubus memiliki volume 1000 cm³. Hitunglah berapa luas permukaan kubus?

Penyelesaian:
Langkah 1: Mencari panjang rusuk kubus
s = ³√V
s = ³√1000
s = 10 cm

Langkah 2: Menghitung luas permukaan kubus
L = 6 × s²
L = 6 × 10²
L = 6 × 100
L = 600 cm²
Jadi, luas permukaan kubus adalah 600 cm².

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung luas permukaan kubus beserta contoh soal pembahasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top