Home » Matematika » Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang

Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang

bangun+datar+dan+bangun+ruang
Bangun Datar Dan Bangun Ruang

Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang – Bangun datar dan bangun ruang merupakan materi matematika yang dipelajari sejak SD. Namun ternyata masih banyak yang belum bisa membedakan mana yang bangun datar dan mana yang bangun ruang. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan apa saja perbedaan bangun datar dan bangun ruang.

Bangun datar adalah bangun dua dimensi. Contoh bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, belah ketupat, layang-layang, jajar genjang, trapesium dan lingkaran. Sedangkan bangun ruang adalah bangun tiga dimensi. Contoh bangun ruang seperti kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung dan bola.

Dari nama macam-macam bangun datar dan bangun ruang tersebut tentunya sudah ada gambaran mengenai perbedaannya bukan? Nah, jika masih bingung membedakannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca Lainnya :  Lingkaran: Pengertian, Bagian, Rumus, Contoh Soal

Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang

Perbedaan antara bangun datar dan bangun ruang dapat dilihat dari berbagai hal, seperti dimensi, ukuran, dan volumenya. berikut penjelasannya.

Dimensi

Bangun datar merupakan bentuk dua dimensi. Jika digambarkan, maka bentuk bangun datar hanya tergambar dalam sumbu x dan y. Sedangkan bangun ruang merupakan bentuk tiga dimensi. Jika digambarkan, maka bentuk bangun ruang tergambar dalam tiga sumbu, yakni sumbu x, y dan z.

Ukuran

Bangun datar hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Sedangkan bangun ruang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Tinggi yang dimaksud disini bukan tinggi seperti pada segitiga dan trapesium, tetapi ketebalan yang digunakan adalam perhitungan bangun ruang.

Volume

Bangun ruang memiliki volume, karena memiliki tinggi. Kita dapat membuktikannya dari rumus volume bangun ruang yang selalu dihitung dengan cara mengkalikan luas alas dengan tinggi. Sedangkan bangun datar tidak memiliki volume karena hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Bangun ruang hanya dapat dihitung luas dan kelilingnya saja dengan rumus bangun ruang.

Baca Lainnya :  Macam-Macam Bilangan Real Dan Contohnya

Keterkaitan

Bangun datar merupakan bangun yang berdiri sendiri, artinya dalam pembentukannya tidak melibatkan bangun lainnya. Sedangkan bangun ruang merupakan gabungan dari beberapa bangun datar sebagai penyusun ruangannya.

Kesimpulan
Untuk lebih jelasnya mengenai bangun datar dan bangun ruang, silahkan perhatikan tabel di bawah ini.

PerbedaanBangun DatarBangun Ruang
Dimensi2 D3 D
Ukuranpanjang, lebarpanjang, lebar, tinggi
Volumetidak memiliki volume (isi)memiliki volume (isi)
Keterkaitanberdiri sendirigabungan beberapa bangun datar

Demikianlah pembahasan mengenai cara membedakan antara bangun datar dengan bangun ruang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top